Kamis, 18/07/2024 14:32 WIB

RFK Jr. Kemungkinan Tidak Hadiri Debat Capres Biden-Trump Minggu Depan

RFK Jr. Kemungkinan Tidak Hadiri Debat Capres Biden-Trump Minggu Depan

Kandidat presiden independen Robert F. Kennedy Jr. menghadiri rapat umum kampanye di Fox Theater di Tucson, Arizona, AS 5 Februari 2024. REUTERS

WASHINGTON - Calon presiden independen AS Robert F. Kennedy Jr. kemungkinan besar tidak akan berpartisipasi dalam debat presiden AS pertama pada tahun 2024 setelah melewatkan tenggat waktu untuk memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh kantor berita CNN.

CNN, yang menjadi tuan rumah debat pada 27 Juni, sebelumnya mengatakan hanya Presiden Joe Biden dan rivalnya dari Partai Republik Donald Trump yang memenuhi persyaratan untuk ambil bagian sebelum batas waktu Kamis pukul 12.00 ET (04.00 GMT).

Syaratnya termasuk tampil di surat suara negara bagian yang cukup untuk berpotensi memenangkan kursi kepresidenan dan juga mengumpulkan setidaknya 15% dukungan pemilih dalam empat jajak pendapat nasional yang terpisah.

Kennedy hanya memperoleh 15% suara dalam tiga jajak pendapat yang diterima hingga saat ini dan, berdasarkan penghitungan CNN, ia memenuhi syarat untuk mengikuti pemungutan suara hanya di enam negara bagian. Itu tidak akan cukup untuk memenangkan kursi kepresidenan.

Baik CNN, sebuah divisi dari Warner Bros Discovery (WBD.O), maupun tim kampanye Kennedy tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Kennedy berargumen bahwa standar jaringan TV tersebut diterapkan secara tidak adil dan bermaksud menjauhkannya dari kandidat yang lebih memilih persaingan satu lawan satu.

Tim kampanye Kennedy meminta Komisi Pemilihan Umum Federal mengambil tindakan pada hari Kamis dan mencegah CNN, Biden, dan Trump mengadakan debat tanggal 27 Juni kecuali ada perubahan. FEC menolak berkomentar.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Debat Capres Biden Trump JFK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :