Kamis, 18/07/2024 14:05 WIB

Pejabat Israel Sebut Netanyahu Bubarkan Kabinet Perangnya yang Beranggotakan Enam Orang

Pejabat Israel Sebut Netanyahu Bubarkan Kabinet Perangnya yang Beranggotakan Enam Orang

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berbicara kepada media di Tel Aviv, Israel, Selasa, 17 Oktober 2023. Foto: via Reuters

JERUSALEM - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah membubarkan kabinet perang yang beranggotakan enam orang, kata seorang pejabat Israel pada hari Senin. Langkah ini diharapkan secara luas setelah kepergian mantan jenderal berhaluan tengah Benny Gantz dari pemerintahan.

Netanyahu kini diperkirakan akan mengadakan konsultasi mengenai perang Gaza dengan sekelompok kecil menteri, termasuk Menteri Pertahanan Yoav Gallant dan Menteri Urusan Strategis Ron Dermer yang pernah berada di kabinet perang.

Perdana menteri telah menghadapi tuntutan dari mitra nasionalis-agama dalam koalisinya, Menteri Keuangan Bezalel Smotrich dan Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir, untuk dimasukkan dalam kabinet perang, sebuah langkah yang akan meningkatkan ketegangan dengan mitra internasional termasuk Amerika. Amerika.

Forum tersebut dibentuk setelah Gantz bergabung dengan Netanyahu dalam pemerintahan persatuan nasional pada awal perang pada bulan Oktober dan juga menyertakan mitra Gantz, Gadi Eisenkot dan Aryeh Deri, ketua partai keagamaan Shas, sebagai pengamat.

Gantz dan Eisenkot keduanya meninggalkan pemerintahan pekan lalu, karena apa yang mereka katakan sebagai kegagalan Netanyahu dalam menyusun strategi perang Gaza.

KEYWORD :

Israel Palestina Kabinet Perang Menteri Mundur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :