Kamis, 20/06/2024 18:24 WIB

Insiden Bule Bawa Kabur Truk, Sahroni Desak Imigrasi Patroli Pengawasan WNA di Bali

Seorang pria warga negara asing (WNA) Inggris di Bali, membawa kabur truk dan menabrak gerbang tol hingga sejumlah pengendara di Kerobokan, Kuta Utara, Badung, Bali.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni

 

Jakarta, Jurnas.com - Seorang pria warga negara asing (WNA) Inggris di Bali, membawa kabur truk dan menabrak gerbang tol hingga sejumlah pengendara di Kerobokan, Kuta Utara, Badung, Bali. Aksi gila bule ini terekam dalam video dan viral di media sosial (medsos).

Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono di Badung, Bali, mengatakan WNA tersebut telah ditangkap di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Minggu (9/6). Adapun cara WNA tersebut merebut truk dengan merebut paksa hingga memukuli sang supir.

Kejadian ini pun lantas turut mendapat perhatian dari Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Politikus NasDem tersebut menilai, polisi harus memastikan bule tersebut ditindak sesuai dengan pelanggaran yang dilakukannya.

“Pertama, karena sudah kejadian tentunya polisi wajib memastikan polisi mempertanggungjawabkan tindakannya, baik kepada hukum maupun kepada masyarakat. Pastikan dia memberikan ganti rugi kepada masyarakat yang telah dirugikan,” kata Sahroni, kepada wartawan, Senin (11/6).

“Ada berapa banyak kendaraan yang ia tabrak, hitung semuanya. Begitu juga kalau ada pasal pidanya juga dijerat saja. Masyarakat tentunya sudah muak dengan berbagai insiden bule seenaknya seperti ini. Jadi harus ada tindakan tegas,” lanjut Sahroni.

Selanjutnya, Sahroni juga meminta Ditjen imigrasi Kemenkumham agar meningkatkan operasi Tim Pora atau Tim Pengawasan Orang Asing dengan baik, sehingga insiden yang sama tidak terjadi lagi.

“Seperti yang kita ketahui, Imigrasi punya yang namanya Tim Pora, di mana mereka bisa melakukan operasi dengan dibantu unsur Polri, TNI, Naker dan instansi terkait lainnya. Nah, menurut saya imigrasi perlu memastikan tim ini meningkatkan kinerjanya dengan lebh sering operasi, demi menindak WNA-WNA arogan yang meresahkan masyarakat ini,” sambungnya.

Terakhir, Sahroni juga meminta agar WNA tersebut langsung dideportasi usai menjalankan hukuman. Menurutnya hal tersebut dapat menunjukkan ketegasan negara dalam menyikapi WNA arogan yang kerap meresahkan masyarakat.

“Yang terpenting jangan langsung dideportasi, keenakan. Biarkan dia bertanggung jawab dulu atas perbuatannya di sini. Jerat hukuman jikalau memenuhi unsur-unsur pidana lainnya. Setelah selesai menjalani semuanya, baru boleh dideportasi. Biar ada efek jera dan kapok. Kalau nggak begitu mereka bakal bawa pulang cerita bahwa mereka ‘bebas’ berbuat aneh-aneh di Indonesia. Dan kita tidak ingin begitu,” tutup Sahroni.

KEYWORD :

Ahmad Sahroni Komisi III DPR Bule Bawa Kabur Truk Imigrasi Patroli Pengawasan WNA Bule di Bali




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :