Minggu, 16/06/2024 10:24 WIB

Sonia Bompastor jadi Pelatih Baru Chelsea Gantikan Emma Hayes

Sonia Bompastor adalah satu-satunya wanita di dunia yang mampu menjuarai Liga Champions sebagai pelatih dan pemain

Pelatih Chelsea Sonia Bompastor (Sky Sports)

London, Jurnas.com - Bekas manajer Lyon Sonia Bompastor resmi menggantikan Emma Hayes sebagai pelatih Chelsea.

Emma Hayes meninggalkan Chelsea di akhir musim 2023/24 setelah 12 tahun menjabat dan menyulap The Blues menjadi tim paling dominan di Inggris. 

Emmas Hayes persembahkan 16 trofi untuk Chelsea dan mengucapkan selamat tinggal setelah mengunci gelar Liga Inggris Wanita (WSL) lima musim berturut-turut di laga terakhirnya - dengan total tujuh gelar.

Sonia Bompastor telah sejak lama digosipkan sebagi pengganti Hayes. Wanita 43 tahun itu menjuarai tujuh trofi dalam tiga musim bersama Lyon, dan resmi dikonfirmasi akan meneruskan pekerjaan Hayes di Chelsea mulai Rabu (29/5).

Ia menutup kiprahnya di Prancis dengan kekecewaan, kalah 2-0 pada final Liga Champions Wanita di tangan Barcelona. Kendati demikian, Bompastor telah menjuarai trofi tersebut sebelumnya pada 2022, dan The Blues bakal berharap ia dapat mengulang kesuksesan itu mengingat UWCL adalah satu trofi yang sudah sejak lama diidam-idamkan Chelsea. Bompastor meneken kontrak empat tahun di Kingsmeadow.

“Saya sangat berterima kasih kepada Chelsea," ujar Bompastor.

"Mereka adalah institusi sepakbola Inggris. Saya akan memberikan segalanya untuk proyek baru ini untuk memenuhi ambisi klub, staf, dan para pemain. Saya harap saya bisa mengikuti jejak Emma dan meneruskan kerja yang telah ia lakukan dalam beberapa tahun terakhir. Mari kita mulai petualangan ini."

General manager Chelsea Paul Green menambahkan: "Saya dan para direktur olahraga melakukan prosesi rekrutmen yang menyeluruh untuk mengidentifikasi penerus Emma. Visi, filosofi, dan mentalitas juara Sonia menjadikannya kandidat yang luar biasa.

Dia adalah pelatih kelas dunia dengan rekam jejak kesuksesan di panggung terbesar yang telah terbukti, dan akan langsung mendapat respek di ruang ganti."

Bompastor adalah satu-satunya wanita di dunia yang mampu menjuarai Liga Champions sebagai pelatih dan pemain. Ia merupakan bagian skuad Lyon yang menjuarainya pada 2011 dan 2012, sebelum mengulang kesuksesan tersebut sebagai manajer dua tahun lalu.(Goal)

KEYWORD :

Sonia Bompastor Chelsea




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :