Minggu, 16/06/2024 09:21 WIB

Wamendes Paiman Harap BPD Terus Berkontribusi Bangun Desa

Dikatakan Wamendes Paiman, BPD miliki tugas seperti menggali dan menampung aspirasi masyarakat serta meyalurkannya termasuk menyelenggarakan musyawah desa.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo menghadiri Dies Natalis ke-25 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Oasis Amir Hotel, Senin (27/5/2024). (Foto Kemendes PDTT)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo menghadiri Dies Natalis ke-25 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Oasis Amir Hotel, Senin (27/5/2024).

Dies Natalis ke-25 ini bertepatan dengan lahirnya Undang-undang Nomor 2 Tahun 1999.

"Ini jadi momentum bagi BPD untuk berjuang mengabdi kepada bangsa dan negara," kata Wamendes Paiman.

Jika merujuk UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa maka BPD adalah lembaga yang melaksanakan fungsi Pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

Dikatakan Wamendes Paiman, BPD miliki tugas seperti menggali dan menampung aspirasi masyarakat serta meyalurkannya termasuk menyelenggarakan musyawah desa.

"Melihat pentingnnya peran BPD diharapkan Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia miliki ide inovatif dalam membangun desa dengan gotong royong agar menjadi Desa Mandiri dan sejahtera," kata Wamendes Paiman.

Lahirnya UU No.3 Tahun 2024 ini para aparatur desa, pemangku kepentingan seperti BPD dan seluruh elemen masyarakat untuk mengetahui serta memahami tentang kewenangan dan pengelolaan desa.

"Saya mengajak anggota BPD seluruh Indonesia untuk terus berkolaborasi dan mengembangkan ide-ide, gagasan dan ide-ide inovatif untuk membangun desa," kata Wamendes Paiman.

Wamendes Paiman mengharapkan BPD bisa mendorong literasi dan digitalisasi desa.

Agar nantinya peran BPD tidak hanya sekedar urun rembug tapi milliki ide inovatif dalam rangka mendukung Pemerintahan Desa.

"Kami berharap BPD bisa bersinergi dan bersatu dengan Kepala Desa dan Perangkatnya dalam rangka membangun desa," kata Wamendes Paiman.

Wamendes Paiman beri ucapan selamat atas gelaran Dies Natalis PABPDSI ini.

"Saya ucapkan selamat dan sukses. Semoga anggota BPD yang ada di seluruh Indonesia dapat miliki kontribusi terhadap Pemerintahan Desa," kata Wamendes Paiman.

Dalam kesempatan itu Wamendes Paiman juga diberikan Lencana Kehormatan dari Ketua PABPDSI Ferry Radiansyah.

Sebelumnya Wamendes Paiman juga memberikan Lencana kepada Perwakilan Deklarator dan Ketua PABPDSI tingkat provinsi.

Turut hadir Direktur Fasilitasi Kerja Lembaga Pemerintahan Desa dan BPD Kemendagri Murtono, Koordinator Nasional Desa Bersatu Asri Anas, Ketua dan Anggota PABPDSI tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

KEYWORD :

Wamendes PDTT Paiman Raharjo Badan Permusyawaratan Desa Kemendes PDTT




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :