Sabtu, 27/07/2024 12:16 WIB

Kecam Serangan Rusia di Kharkiv, Presiden Ukraina Tempatkan 400 Polisi di Lokasi

Kecam Serangan Rusia di Kharkiv, Presiden Ukraina Tempatkan 400 Polisi di Lokasi

Petugas pemadam kebakaran bekerja di lokasi pusat perbelanjaan perlengkapan rumah tangga yang terkena serangan udara Rusia, di Kharkiv, Ukraina, 25 Mei 2024. REUTERS

KHARKIV - Serangan Rusia terhadap toko perangkat keras DIY yang ramai di Kharkiv menewaskan 14 orang dan melukai puluhan lainnya, kata para pejabat Ukraina pada Minggu pagi, jumlah korban tewas meningkat seiring kota terbesar kedua di negara itu menyusut dari dua serangan sehari sebelumnya.

Dua bom berpemandu menghantam hipermarket Epicentr DIY di kawasan pemukiman kota pada Sabtu sore, kata Gubernur Daerah Oleh Syniehubov di televisi nasional.

Serangan tersebut menyebabkan kebakaran besar yang menimbulkan asap hitam tebal yang mengepul ratusan meter ke udara.

Empat puluh tiga orang terluka, kata kantor kejaksaan setempat, dan menambahkan bahwa sepuluh dari dua belas orang tewas masih belum teridentifikasi.

Walikota Kharkiv Ihor Terekhov mengatakan sekitar 120 orang berada di toko perangkat keras ketika bom terjadi.

“Serangan itu menargetkan pusat perbelanjaan, di mana terdapat banyak orang – ini jelas merupakan terorisme,” kata Terekhov.

Dalam postingan di aplikasi Telegram, Menteri Dalam Negeri Ukraina Ihor Klymenko mengatakan 16 orang masih hilang setelah serangan tersebut.
Seminggu terakhir terjadi peningkatan serangan di kota tersebut setelah pasukan Rusia menyerbu melintasi perbatasan, membuka front baru di utara kota tersebut.

Rusia telah membombardir Kharkiv, yang terletak kurang dari 30 kilometer (20 mil) dari perbatasannya, selama perang, setelah mencapai pinggirannya dalam upaya untuk merebutnya pada tahun 2022 yang gagal.

Presiden Volodymyr Zelenskiy mengeluarkan permohonan kepada sekutu Barat Ukraina untuk membantu meningkatkan pertahanan udara guna menjaga keamanan kota-kota di negara itu. Presiden Prancis Emmanuel Macron, menulis di platform media sosial X, mengecam serangan terhadap toko tersebut sebagai hal yang “tidak dapat diterima.”

Serangan rudal terpisah pada sore hari menghantam sebuah bangunan perumahan di pusat kota berpenduduk 1,3 juta jiwa. Jumlah orang yang terluka akibat serangan itu meningkat menjadi 25 orang pada Minggu pagi.

Rudal tersebut meninggalkan lubang sedalam beberapa meter di trotoar di kaki gedung, yang juga menampung kantor pos, salon kecantikan, dan kafe.

Pekerja darurat mengantar penghuni gedung apartemen terdekat. Beberapa orang yang terluka mengalami darah di wajah mereka.

Tepat di seberang perbatasan, di wilayah Belgorod Rusia, gubernur wilayah tersebut mengatakan empat warga tewas dalam serangan Ukraina pada hari Sabtu.

Andriy Kudinov, direktur pusat perbelanjaan pinggiran kota, mengatakan kepada media lokal bahwa toko perkakas itu penuh dengan pembeli yang membeli barang-barang untuk pondok musim panas mereka.

Dibutuhkan waktu 16 jam untuk memadamkan api sepenuhnya di slot5000 pusat tersebut, yang telah berkobar di area seluas 13.000 meter persegi (15.548 yard persegi), kata Menteri Dalam Negeri Klymenko.

Tim penyelamat, petugas medis, dan jurnalis kadang-kadang harus segera meninggalkan lokasi serangan di kota tersebut dan berlindung di lapangan, karena takut akan terjadi serangan lagi, seperti yang terjadi dalam beberapa serangan Rusia baru-baru ini.

Dmytro Syrotenko, seorang pegawai pusat DIY berusia 26 tahun, menggambarkan adegan panik.
"Saya berada di tempat kerja. Saya mendengar hantaman pertama dan... bersama rekan saya, kami terjatuh ke tanah. Terjadi hantaman kedua dan kami dipenuhi puing-puing. Lalu kami mulai merangkak ke tempat yang lebih tinggi," kata Syrotenko yang memiliki luka besar di wajahnya.

Syrotenko mengatakan kepada Reuters bahwa dia dibawa ke tempat aman oleh petugas penyelamat yang membantunya, beberapa rekannya, dan pembeli.

Zelenskiy, dalam pidato video malamnya, mengecam serangan tersebut sebagai "satu lagi contoh kegilaan Rusia. Tidak ada cara lain untuk menggambarkannya."

“Ketika kita mengatakan kepada para pemimpin dunia bahwa Ukraina memerlukan pertahanan udara yang memadai, ketika kita mengatakan bahwa kita memerlukan langkah-langkah nyata yang memungkinkan kita melindungi rakyat kita, sehingga teroris Rusia bahkan tidak dapat mendekati perbatasan kita, kita berbicara tentang tidak membiarkan serangan seperti ini terjadi," dia berkata.

Zelenskiy kemudian menulis di Telegram bahwa peringatan serangan udara telah berlaku di Kharkiv selama lebih dari 12 jam dan 200 pekerja darurat serta 400 polisi tetap berada di lokasi kejadian untuk menangani dampak serangan tersebut.

Moskow membantah sengaja menargetkan warga sipil, namun ribuan orang terbunuh dan terluka selama 27 bulan invasi ke Ukraina.

KEYWORD :

Serangan Rusia Balas Ukraina Wilayah Timur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :