Selasa, 18/06/2024 00:14 WIB

Presiden Taiwan Sampaikan Niat Baik setelah Tiongkok Akhiri Latihan Militernya

Presiden Taiwan Sampaikan Niat Baik setelah Tiongkok Akhiri Latihan Militernya

China vs Taiwan (Foto: Reuters)

TAIPEI - Presiden Taiwan Lai Ching-te menyampaikan niat baik dan menawarkan kerja sama dengan Tiongkok pada Minggu setelah dua hari latihan perang Tiongkok di dekat pulau itu, ketika sekelompok anggota parlemen AS tiba di Taipei.

Tiongkok, yang mengklaim Taiwan memiliki pemerintahan demokratis sebagai wilayahnya, melakukan latihan militer pada hari Kamis dan Jumat, menyebutnya sebagai “hukuman” setelah pidato pelantikan Lai pada hari Senin yang disebut Beijing sebagai dorongan lain bagi kemerdekaan formal pulau tersebut.

Tiongkok telah berulang kali mengecam Lai sebagai seorang “separatis”. Lai menolak klaim kedaulatan Beijing dan mengatakan hanya rakyat Taiwan yang dapat menentukan masa depan mereka. Dia telah berulang kali menawarkan pembicaraan tetapi ditolak.

Berbicara pada pertemuan Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa di kota selatan Tainan, Lai meminta Tiongkok untuk "berbagi tanggung jawab besar atas stabilitas regional dengan Taiwan", menurut komentar yang diberikan oleh partainya.

Lai, yang memenangkan pemilu pada bulan Januari, mengatakan ia juga “berharap untuk meningkatkan saling pengertian dan rekonsiliasi dengan Tiongkok melalui pertukaran dan kerja sama, menciptakan keuntungan bersama dan bergerak menuju posisi damai dan kemakmuran bersama”.
Dia berterima kasih kepada Amerika Serikat dan negara-negara lain atas ekspresi keprihatinan mereka terhadap latihan Tiongkok.

“Komunitas internasional tidak akan menerima negara mana pun yang menciptakan gelombang di Selat Taiwan dan mempengaruhi stabilitas regional,” tambah Lai.

Kelompok pertama anggota parlemen AS yang mengunjungi Taiwan sejak Lai menjabat tiba di pulau itu pada hari Minggu untuk kunjungan empat hari, dipimpin oleh Michael McCaul, ketua Komite Urusan Luar Negeri DPR dari Partai Republik.

McCaul, bersama dengan kelompok bipartisan yang terdiri dari lima anggota parlemen lainnya, akan bertemu Lai pada Senin pagi untuk “bertukar pandangan mengenai perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik”, kata kantor kepresidenan Taiwan.

“Taiwan adalah negara demokrasi yang berkembang. AS akan terus mendukung mitra setia kami dan berupaya mempertahankan status quo di Selat Taiwan,” kata McCaul dalam sebuah pernyataan.

Pemerintah Taiwan mengutuk latihan perang Tiongkok.
Selama empat tahun terakhir, Tiongkok telah melancarkan aktivitas militer rutin di sekitar Taiwan sebagai upaya untuk menekan pemerintah pulau tersebut.

Pada hari Minggu, kementerian pertahanan Taiwan mengatakan garnisun di pulau Erdan, bagian dari pulau Kinmen yang dikuasai Taiwan dan terletak di sebelah kota Xiamen dan Quanzhou di Tiongkok, telah menemukan sebuah kotak karton "kasar" berisi kertas dengan slogan-slogan politik di atasnya, yang ditulis dalam bentuk surat. karakter Cina sederhana yang digunakan di Tiongkok.

Kementerian mengatakan kotak itu diduga dijatuhkan oleh drone di luar garis pandang, dan menambahkan, “Ini adalah tipuan operasi kognitif yang khas.”

Pada tahun 2022, Taiwan menembak jatuh drone di Kinmen setelah mengeluhkan pelecehan selama berhari-hari.

Kementerian Pertahanan Tiongkok tidak menjawab panggilan di luar jam kerja.

Militer Tiongkok terus melancarkan rentetan video dan animasi propaganda yang ditujukan ke Taiwan sejak latihan dimulai.

Komando Teater Timurnya, yang menjalankan latihan tersebut, menunjukkan video pada hari Minggu yang menunjukkan penembakan roket yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai "mematikan lintas selat".

KEYWORD :

China Taiwan Latihan Militer Kelompok Separatis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :