Minggu, 16/06/2024 22:56 WIB

Dune: Propechy, Valya Harkonnen Sosok Wanita Kuat Pencipta Asal Usul Bene Gesserit

Dune: Propechy, Valya Harkonnen Sosok Wanita Kuat Pencipta Asal Usul Bene Gesserit

Valya Harkonnen yang diperankan Emily Watson di Serial Dune: Prophecy (FOTO: MAX)

JAKARTA - Trailer pertama Dune: Prophecy telah hadir, membawa pemirsa ke era baru alam semesta yang diciptakan oleh Frank Herbert.

Serial HBO berlatar 10.000 tahun sebelum kejadian di novel aslinya, menunjukkan asal usul ordo yang akhirnya dikenal sebagai Bene Gesserit.

Hal yang mengejutkan banyak orang adalah sebagian besar trailer tersebut sebenarnya dinarasikan oleh karakter bernama Valya Harkonnen (Emily Watson).

Hampir tidak ada penyebutan House Atreides dalam video tersebut, selain dia menyebut nama Paul Atreides (Timothée Chalamet) ketika mengontekstualisasikan kapan Prophecy terjadi.

Jadi siapa Valya Harkonnen, dan peran apa yang dia mainkan dalam asal usul Bene Gesserit?

`Dune: Prophecy` Mengadaptasi Salah Satu dari Banyak Prekuel Novel Frank Herbert

Alam semesta Dune sangat luas, mencakup total 26 novel. Frank Herbert menulis heksalogi asli novel Dune, mendokumentasikan kisah House Atreides dari kedatangan Paul Atreides di Arrakis hingga menjadi Kaisar.

Sisanya ditulis oleh putra Frank Herbert, Brian Herbert, dan Kevin J. Anderson, mengatur alam semesta seperti sebelum novel Dune yang asli, dan melangkah lebih jauh setelah buku terakhir Frank Herbert, Chapterhouse: Dune.

Dune: Prophecy akan mengadaptasi Sisterhood of Dune, novel pertama dalam trilogi prekuel yang dikenal sebagai Great Schools of Dune.

Sisterhood of Dune terjadi sekitar 10.000 tahun sebelum novel Dune asli, tetapi, yang lebih penting, berlatar 80 tahun setelah berakhirnya Butlerian Jihad.

Konflik inilah yang pada akhirnya menghasilkan kemenangan manusia atas kecerdasan buatan (disebut sebagai "mesin berpikir" dalam novel), dan yang membuang semua jenis komputer dari alam semesta.

Butlerian Jihad juga membentuk dewan Keluarga Besar untuk mengambil tempat mereka di Imperium, dengan House Butler menjadi House Corrino dan naik takhta, House Atreides ditetapkan sebagai pahlawan militer, dan House Harkonnen jatuh dari kejayaan setelah salah satu dari mereka anggotanya dicap sebagai pengkhianat dan pengecut di salah satu pertempuran utama Jihad.

Aib House Harkonnen dimulai ketika salah satu anggota paling awal, Abulurd Harkonnen, menolak untuk mengikuti perintah yang akan melibatkan pengorbanan hampir dua juta manusia dalam pertempuran terakhir melawan mesin berpikir dari atasannya, Vorian Atreides.

Sebaliknya, dia menonaktifkan senjata di seluruh armada manusia, yang akhirnya menimbulkan lebih banyak korban jiwa.

Vorian kemudian mencap Abulurd sebagai pengkhianat, dan dia serta keluarganya dibuang ke planet es Lankiveil.

Inilah penyebab dendam antara Keluarga Atreides dan Harkonnen yang berlangsung ribuan tahun setelahnya.

Valya Harkonnen Mengabadikan Dendam Keluarganya Terhadap House Atreides

Valya Harkonnen adalah salah satu karakter paling menarik dalam kontinuitas Dune.

House Harkonnen sangat merasakan konsekuensi dari tindakan Abulurd dalam Butlerian Jihad, meskipun niat dan sudut pandang moralnya memang dapat dibenarkan.

Namun, alih-alih mempertanyakan mengapa mereka dipermalukan setelah perang, keluarga Harkonnen menerima hukuman tersebut dan menyendiri.

Lankiveil adalah planet yang keras untuk ditinggali, dan mereka menjalani kehidupan yang miskin, sangat berbeda dari kemewahan yang dikaitkan dengan mereka pada saat Baron Vladimir Harkonnen (Stellan Skarsgård) memimpin keluarga.

Harkonnen pertama yang menentang perlakuan terhadap keluarganya adalah Valya. Sejak usia dini, dia memahami bahwa orang yang bertanggung jawab atas kemalangan keluarganya adalah Vorian Atreides, dan bahwa dia tidak punya hak untuk bertindak seperti yang dia lakukan selain Abulurd.

Jadi dia bersumpah untuk mengakhiri garis keturunan Atreides, meyakinkan saudara-saudaranya Griffin dan Tula untuk membantunya.

Dia adalah orang yang secara efektif menyulut perseteruan antara Harkonnen dan Atreides, dan memobilisasi orang-orang di sekitarnya untuk membantunya.

Misalnya, Griffin mengikuti Vorian Atreides ke Arrakis ketika Arrakis diasingkan oleh Kaisar Salvador Corrino, yang takut akan status Vorian sebagai pahlawan perang, dan, meskipun Vorian dan Griffin akhirnya saling memahami, Griffin mati di Arrakis.

Tula, sebaliknya, berhasil membunuh Orry Atreides di malam pernikahan mereka.

Meskipun orangtua dan pamannya tidak memiliki kebencian yang sama dengan Valya terhadap House Atreides, mereka juga tidak pernah melakukan apa pun untuk menghentikannya.

Dia menghabiskan satu tahun mengasah keterampilan tempurnya sendiri sampai dia mencapai pangkat Swordmaster, supaya dia akhirnya bisa menantang Vorian untuk berduel dan membunuhnya.

Namun, hingga hal itu terwujud, Valya memutuskan untuk mengabdikan dirinya pada ordo lain yang sedang berkembang di Imperium, Persaudaraan Rossak.

Dan berkat dia, Sisterhood pada akhirnya akan tumbuh menjadi institusi kuat yang dikenal sebagai Bene Gesserit.

Valya Harkonnen Memainkan Peran Penting dalam Mengubah Bene Gesserit Menjadi Ordo yang Kuat

Subjek utama Dune: Prophecy adalah asal usul Bene Gesserit, sebuah ordo pendeta wanita yang, pada saat novel Dune asli, adalah yang paling berpengaruh di alam semesta.

Mereka memiliki anggota di semua Keluarga Besar di Landsraad, dan menjalankan program eugenika rahasia yang melintasi gen semua keluarga bangsawan untuk menciptakan makhluk superior, Bene Gesserit laki-laki yang kuat, yang mereka sebut Kwisatz Haderach.

Semua ini dimulai dari Valya Harkonnen, karena dialah orang yang menciptakan tatanan sebagaimana adanya.

Namun pada awalnya, mereka tidak dikenal sebagai Bene Gesserit, dan terbatas pada satu planet bernama Rossak.

Flora lokal sangat kaya, dan menghasilkan obat Rossak, zat halusinogen yang digunakan oleh Sisterhood of Rossak sebagai pendahulu rempah-rempah mélange untuk mencapai tingkat kesadaran yang diperlukan.

Valya memulai karirnya sebagai murid Ibu Suster Raquella Berto-Anirul, yang tanpa dia sadari, sebenarnya adalah cucu dari Vorian Atreides.

Dia dan Suster Dorotea adalah murid terbaik Raquella, dan dengan cepat mulai menggunakan obat Rossak, tapi Valya Harkonnen hanya berpura-pura menggunakannya, jadi dia bisa mengamati dulu apa efek sebenarnya.

Dorotea mengambilnya, mencapai pengetahuan, dan menjadi Ibu Terhormat yang kedua.

Namun, Sisterhood masih menggunakan komputer untuk keperluan pengarsipan, dan praktik ini telah dilarang sejak berakhirnya Butlerian Jihad.

Valya Harkonnen dan Raquella menghancurkan mesin-mesin tersebut, namun Kaisar Salvador Corrino masih membubarkan Persaudaraan, beberapa di antaranya pindah ke planet Wallach IX.

Hal ini menyebabkan perpecahan dalam Sisterhood. Beberapa dari mereka tetap berada di Rossak di bawah pengawasan Kaisar Salvador, dan dikenal sebagai Persaudaraan Ortodoks, yang dipimpin oleh Pendeta Bunda Dorotea.

Ibu Pemimpin Raquella mencoba menenangkan kedua faksi, tetapi hanya mampu melakukannya di ranjang kematiannya, ketika dia memanggil Valya Harkonnen dan Dorotea untuk menjadikan mereka berdua sebagai ibu bersama.

Mereka menerimanya, tapi Valya Harkonnen segera membalikkan keadaan. Setelah dia meminum obat Rossak sendiri, Valya Harkonnen mengembangkan Voice, praktik pengendalian pikiran Bene Gesserit yang banyak digunakan dalam film dan novel Dune.

Dia menggunakan Voice di Dorotea, memerintahkan dia untuk bunuh diri, sehingga menjadi satu-satunya Ibu Pemimpin Persaudaraan.

Sebagai Ibu Pemimpin, Valya Harkonnen adalah orang yang secara efektif memberikan misi yang lebih luas kepada Sisterhood.

Dia mulai dengan mengganti nama pesanannya, yang sekarang disebut Bene Gesserit. Dia juga mendirikan Sekolah Ibu, di mana para suster baru dilatih tentang apa yang kemudian dikenal sebagai persaudaraan sejak usia sangat muda.

Pada saat itulah gagasan program eugenika pertama kali diwujudkan, sebagai cara untuk selalu menjaga Bene Gesserit tetap berada di belakang kekuatan yang mengatur alam semesta.

Valya Harkonnen tidak tahu bahwa Kwisatz Haderach pada akhirnya akan diciptakan dengan menyilangkan gen Harkonnen dan Atreides, sebuah gagasan yang mungkin dia benci.

Dune tersedia untuk ditonton di Max di AS. (*)

KEYWORD :

Seputar Film Dune: Prophecy Valya Harkonnen Bene Gesserit




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :