Sabtu, 20/04/2024 12:13 WIB

Menghilang 47 Hari di Himalaya, Begini Kondisi Liang Sekarang

Diceritakan Yueh, saat tersesat itu dia bersama pasangannya sempat mengikuti arus sungai untuk bertemu pemukiman penduduk.

Pendaki Himalaya, Liang Sheng Yueh menjalani perawatan setelah hilang selama 47 hari. (thesun)

Jakarta -  Pendaki Himalaya, berusia 18 tahun, Liang Sheng Yueh akhirnya ditemukan setelah 47 hari dinyatakan hilang. Sedangkan kekasihnya, Liu Chen Cun ditemukan sudah meninggal dunia karena kelaparan.

Liang  memang selamat, tapi dia harus mengalami multitrauma. Kakinya sudah digerogoti belatung. Dia ditemukan di lereng  tebing.  Pasangan  berusia 18 tahun ini nekad mendaki tanpa menggunakan jasa pemandu. Tak ayal, berakhir tersesar di area terpencil wilayah Nepal.

Diceritakan Liang, saat tersesat itu dia bersama pasangannya sempat mengikuti arus sungai untuk bertemu pemukiman penduduk. Nahasnya, justru terjebak di air terjun dan sulit untuk bisa kembali menyelamatkan diri.

Seorang petugas tim penyelamat, Madhav Basnet mengatakan, pasangan itu terjatuh sekitar 100 meter di bawah dan akhirnya terjebak. "Daerah tempat Liu dan Liang ditemukan ini turun salju lebat. kemudian keduanya tak bisa mendirikan tenda. Apalagi  permukaan tanah yang tidak datar. Liu dan Liang bertahan hidup hanya dengan kentang dan mie instan hingga persediaan makanan mereka habis," tuturnya.

Setelah sebulan lebih tidak ditemukan, ayah orang tua Liang menyewa helikopter. Dan akhirnya ditemukan. Liang bisa bertahan hidup dengan sisa garam dan air yang dibawanya. Sedangkan kekasihnya sudah meninggal terlebih dahulu, tiga hari sebelum ditemukan petugas.

KEYWORD :

Pendaki Gunung Himalaya Liang Sheng Yueh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :