Kamis, 30/05/2024 07:38 WIB

Pesan Gibran di Paskah Nasional GAMKI: Pemuda Jaga Kerukunan Umat

Apresiasi bagi GAMKI yang menyelenggarakan Paskah Nasional, sejalan dengan tema: Kebangkitan Yang Memulihkan, menjadi langkah yang penting dengan rasa optimis, produktif untuk selalu menjadi manfaat bagi sesama.

Perayaan Paskah Nasional GAMKI dan Dies Natalis ke-62. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Calon Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi kegiatan Paskah Nasional sekaligus perayaan Dies Natalis ke-62 Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), yang berlangsung di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), sejak tanggal 17 - 23 April 2024.

Dalam sambutannya melalui tayangan video, Wali Kota Solo ini berharap kegiatan Paskah Nasional menjadi momentum penting untuk menjaga persatuan dan keutuhan bangsa.

Menurutnya Kabupaten Alor yang disebut pulau yang menyimpan seribu keindahan alam dan budaya yang tak ternilai harus tetap dijaga.

"Apresiasi bagi GAMKI yang menyelenggarakan Paskah Nasional, sejalan dengan tema "Kebangkitan Yang Memulihkan", menjadi langkah yang penting dengan rasa optimis, produktif untuk selalu menjadi manfaat bagi sesama," tegas Gibran sebagaimana keterangan resmi yang diterima, Rabu (24/4).

Dia  juga meminta kepada GAMKI untuk terus menerus bersama pemerintah dalam memberdayakan pemuda.

"Peran GAMKI harus terus berjalan bagi kebaikan masyarakat dan bangsa," kata Gibran.

Sementara itu, Ketua Umum DPP GAMKI Sahat Sinurat menyampaikan bahwa kegiatan Paskah Nasional dan Dies Natalis GAMKI sebagai momentum sejarah dan kehormatan bagi GAMKI. Kegiatan ini menjadi hal yang penting bagi GAMKI, terutama dalam  menjaga kerukunan untuk semua umat.

"Kegiatan ini tidak hanya sekedar acara, namun menjadi momentum yang penting terutama untuk menjaga keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama.

Tidak kalah penting juga, GAMKI akan terus berkontribusi dan berperan aktif membangun bangsa dengan pemikiran serta kerja-kerja GAMKI," beber Sahat.

Lanjut Sahat, bahwa Kabupaten Alor sangat layak dijadikan contoh tentang toleransi dan menjaga kerukunan umat beragama, khususnya dalam konteks kehidupan bermasyarakat berbangsa, dan bernegara.

"Tema Paskah Kebangkitan yang Memulihkan antara lain memulihkan masyarakat kita dari kemiskinan, dari ketidakadilan, kondisi perekonomian yang dinilai masih bermasalah. Karena Paskah tidak hanya tentang hubungan kita dengan Tuhan, tapi yang paling penting bagaimana membangun kemajuan masyarakat ini ke depan,"ujar Sahat.

Terkait dengan Perayaan Paskah Nasional GAMKI di Kabupaten Alor ini, karena Kabupaten Alor dinilai sebagai daerah yang memiliki nilai kerukunan hidup antar umat beragama yang tinggi.

"Warisan toleransi atau kerukunan yang terjadi di masyarakat Kabupaten Alor ini menjadi inspirasi bagi kita semua. Terbukti dengan penghargaan dari Pemerintah Pusat. GAMKI akan terus berkontribusi untuk kemajuan bangsa. Peran GAMKI akan terus berlanjut khususnya dalam menjaga kerukunan umat beragama," katanya.

Terkait keputusan Mahkamah Konstitusi tentang hasil Pemilihan Presiden, GAMKI mengajak semua pihak untuk menghormati dan menerima keputusan MK tersebut.

"Perbedaan pendapat adalah hal biasa dalam demokrasi. Dan negara kita telah mengatur ruang-ruang yang legal untuk menyampaikan keberatan terkait hasil Pilpres. Sehingga ketika MK telah menetapkan putusan, kita pun harus menerima dan menghormati," kata Sahat.

Dia meyakini Prabowo Gibran dapat merangkul semua pihak, dan dapat mengajak para pemimpin nasional lainnya untuk duduk bersama kembali.

"Kami berharap dan yakin bahwa Bapak Prabowo dan Mas Gibran akan menjadi pemimpin bagi seluruh rakyat Indonesia. Dan dapat merangkul kembali semua pihak yang berseberangan dalam Pemilu 2024 lalu. Mari kita bangsa Indonesia kembali rukun, damai, dan bersatu. Kita kembali bekerja bersama untuk kemajuan rakyat dan negeri yang kita cintai ini," pungkasnya.

Seperti kita ketahui, GAMKI telah usai melaksanakan Paskah Nasional dan Dies Natalis ke-62 tahun yang berlangsung di Kabupaten Alor NTT,  pada 17 - 23 April 2024. Berbagai kegiatan diselenggarakan di Kabupaten Alor, seperti bazar UMKM, doa bersama, Pawai, dan Karnaval budaya.

 

KEYWORD :

GAMKI Paskah Nasional Dies Natalis Gibran Rakabuming Raka Pemilu 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :