Sabtu, 27/04/2024 02:01 WIB

Internasional

Empat Kali, Korut Gagal Uji Coba Rudal Nuklir

Korea Utara diketahui kembali meluncurkan uji coba rudal balistik di wilayah utara ibukota Pyongyang.

Rudal balistik Korea Utara

Pyongyang – Sabtu (29/4) Korea Utara diketahui kembali meluncurkan uji coba rudal balistik di wilayah utara ibu kota Pyongyang. Kendati demikian, seorang pejabat militer asal Korea Selatan dan Amerika Serikat mengklaim uji coba tersebut dinyatakan gagal.

Jika Korut benar-benar gagal mengeksekusi percobaan rudal kemarin, maka ini merupakan kali keempat negara yang dipimpin oleh Kim Jong-un tersebut gagal memamerkan kehebatan rudal nuklirnya di mata dunia. Apalagi, AS dengan satu kapal induk dan kapal selamnya sudah bersiap di Semenanjung Korea untuk menghalau tindakan Korut.

Peluncuran rudal Korut sebenarnya datang tak lama setelah kapal induk USS Carl Vinson tiba di Semenanjung Korea. Kapal induk tersebut menyusul kapal selam USS Michigan yang sudah merapat beberapa hari sebelumnya.

Sementara itu, Sekretaris Gedung Putih Rex Tillerson mewanti-wanti agar Korut tidak main gila dengan nuklirnya. Ditemui di sela-sela kunjungan ke Dewan Keamanan PBB, Tillerson mengatakan seluruh pilihan bisa terjadi jika Korut mengambil tindakan apapun.

“Kegagalan menghalau nuklir Korut merupakan sebuah sebuah konsekuensi yang sangat berbahaya bagi umat manusia,” kata Tillerson kepada Reuters.

KEYWORD :

Korea Utara Perang Dunia Nuklir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :