Kamis, 30/05/2024 06:59 WIB

Tayang di Tiongkok, Pendapatan Godzilla x Kong: The New Empire Melejit Jadi Rp7 Triliun!

Tayang di Tiongkok, Pendapatan Godzilla x Kong: The New Empire Melejit Jadi Rp7 Triliun!

Tayang di Tiongkok, Pendapatan Godzilla x Kong: The New Empire Melejit Jadi Rp7 Triliun! (FOTO: WARNER BROS.)

JAKARTA - Hanya dalam minggu ketiga peluncurannya secara global, Godzilla x Kong: The New Empire dari Warner Bros. berhasil melewati tonggak sejarah box office yang besar berkat kinerja yang berkelanjutan di Tiongkok.

Godzilla x Kong menambahkan sekitar $15 juta di dalam negeri pada akhir pekan ketiganya dan $33 juta lainnya dari lebih dari 70 pasar internasional.

Hal ini membuat total pendapatan film tersebut di dalam negeri mencapai hampir $160 juta, sementara pendapatan di luar negeri kini hanya di bawah $280 juta.

Secara global, film tersebut kini telah meraup $436 juta atau sekitar Rp7 triliun (kurs 1 dollar AS= Rp16.175).

Dari tangkapan di seluruh dunia ini, lebih dari $100 juta berasal dari Tiongkok, menjadikan Godzilla x Kong sebagai film berbahasa Inggris pertama yang melewati tonggak sejarah ini di Kerajaan Tengah sejak Meg 2: The Trench tahun lalu.

Film Jason Statham tersebut memiliki keuntungan tambahan karena merupakan produksi bersama Tiongkok.

Dalam beberapa tahun terakhir, terutama setelah pandemi ini, Tiongkok mulai membatasi perilisan film-film asing, yang menjadikan pasar tersebut kurang menguntungkan bagi Hollywood dibandingkan satu dekade yang lalu.

WB dan Legendary memperhitungkan penurunan ini dan dilaporkan membatasi anggaran Godzilla x Kong: The New Empire menjadi $135 juta yang relatif hemat.

Sebagai perbandingan, Godzilla vs. Kong dilaporkan menghabiskan biaya produksi antara $150 dan $200 juta dan meraup hampir $190 juta di Tiongkok pada tahun 2021.

Ini adalah blockbuster pertama di era pandemi, menghasilkan $470 juta di seluruh dunia meskipun dirilis setiap hari pada layanan streaming yang sebelumnya dikenal sebagai HBO Max.

Selain Tiongkok, Godzilla x Kong: The New Empire sangat sukses di Meksiko, Inggris, Australia, dan India.

Godzilla x Kong: The New Empire dan Godzilla vs. Kong keduanya disutradarai oleh Adam Wingard, yang memulai kariernya di film horor beranggaran rendah sebelum beralih ke film tent-pole yang digerakkan efek visual.

`Godzilla x Kong: The New Empire` Siap Menyalip `Godzilla vs. Kong`

Angsuran kelima dalam franchise MonsterVerse, Godzilla x Kong: The New Empire kini menjadi entri seri terbesar kedua di pasar domestik dan terbesar keempat secara global.

Waralaba ini dimulai satu dekade lalu, dengan Godzilla karya Gareth Edwards, yang meraup $530 juta di seluruh dunia dan lebih dari $200 juta di dalam negeri.

Kong: Skull Island karya Jordan Vogt-Roberts menyusul pada tahun 2017, menghasilkan $560 juta secara global. Ini tetap menjadi film seri terbesar.

MonsterVerse menyaksikan sedikit kemunduran dengan Godzilla: King of the Monsters tahun 2019, tetapi bangkit kembali dengan Godzilla vs. Kong.

Kemungkinan besar, Godzilla x Kong: The New Empire akan menyalip Godzilla pertama yang menjadi film seri terbesar di dalam negeri; film ini mungkin juga akan melewati pendapatan seumur hidup Godzilla vs. Kong senilai $470 juta untuk menjadi film franchise terbesar ketiga di dunia global.

Namun, ulasannya biasa-biasa saja. Film ini mendapat skor terendah waralaba, yaitu 54% di situs agregator Rotten Tomatoes.

Dibintangi Dan Stevens, Rebecca Hall, Bryan Tyree Henry, dan lainnya, film ini diputar di bioskop. (*)

KEYWORD :

Seputar Film Godzilla x Kong: The New Empire




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :