Kamis, 30/05/2024 07:57 WIB

Pengamat: Nadiem Mirip Sales Bahan Seragam Sekolah

Menurut Agung, kebijakan ini menunjukan bahwa Nadiem bukanlah sosok yang paham tentang pendidikan, namun lebih mirip sales bahan pakaian seragam sekolah.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Program Institut Jakarta, Agung Nugroho, mengkritisi kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, terkait perombakan seragam bagi peserta didik di sekolah.

Menurut Agung, kebijakan ini menunjukan bahwa Nadiem bukanlah sosok yang paham tentang pendidikan, namun lebih mirip sales bahan pakaian seragam sekolah.

Agung mempertanyakan alasan Nadiem Makarim merombak seragam sekolah untuk menanamkan nasionalisme, kedisiplinan, dan meningkatkan citra sekolah serta mengakomodir kebutuhan pengaturan seragam sesuai kebijakan nasional pendidikan dan perkembangan masyarakat.

"Padahal menanamkan nasionalisme dan kedisiplinan tidak terkait dengan bentuk dan model seragam sekolah. Tapi lebih pada nilai-nilai ketauladanan yang diberikan untuk dapat dijadikan contoh oleh anak-anak kita," ujar Agung dalam siaran persnya pada Sabtu (14/4).

Agung menuding nasionalisme dijadikan kedok oleh Nadiem untuk menerapkan kebijakan merombak seragam sekolah. Karena itu, menurut dia Nadiem harus banyak belajar arti nasionalisme dalam arti positif.

Dalam pandangan Soekarno, nasionalisme harus dapat membentuk karakter percaya pada kemampuan diri sendiri serta menumbuhkan ikatan solidaritas.

"Nasionalisme hanya dijadikan alasan oleh Mendikbudristek yang justru lebih mirip negara fasis dengan masih mengeluarkan kebijakan seragam sekolah," tegas Agung.

Agung menambahkan, ada banyak masalah pendidikan yang belum terselesaikan hingga saat ini, di antaranya akses terbatas ke pendidikan, ketimpangan pendidikan, kualitas guru dan tenaga pendidik, kurikulum yang tidak relevan, kualitas fasilitas dan infrastruktur yang tidak memadai, kesenjangan digital dan kualitas ujian dan evaluasi.

KEYWORD :

Seragam Sekolah Nadiem Anwar Makarim Mendikbudristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :