Kamis, 30/05/2024 06:24 WIB

Beberapa Bulan Lagi, Hampir 55 Juta Orang Terancam Kelaparan di Afrika Barat dan Tengah

Beberapa Bulan Lagi, Hampir 55 Juta Orang Terancam Kelaparan di Afrika Barat dan Tengah

Seorang wanita menerima sekantong makanan dari pemerintah saat pendistribusian bahan makanan di Abuja, Nigeria, 20 September 2022. REUTERS

DAKAR - Melonjaknya harga turut memicu krisis pangan di Afrika Barat dan Tengah, di mana hampir 55 juta orang akan kesulitan mendapatkan makanan dalam beberapa bulan mendatang, demikian peringatan lembaga kemanusiaan PBB.

Jumlah orang yang mengalami kelaparan selama musim paceklik pada bulan Juni-Agustus telah meningkat empat kali lipat selama lima tahun terakhir, kata mereka, seraya mencatat bahwa tantangan ekonomi seperti inflasi dua digit dan stagnasi produksi lokal telah menjadi pendorong utama krisis ini, selain konflik yang berulang di wilayah tersebut. .

Negara-negara yang terkena dampak paling parah adalah Nigeria, Ghana, Sierra Leone, dan Mali, dimana sekitar 2.600 orang di wilayah utara kemungkinan besar akan mengalami bencana kelaparan, kata Program Pangan Dunia, badan anak-anak PBB UNICEF, dan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) dalam sebuah pernyataan. pernyataan bersama.

"Saatnya untuk bertindak sekarang. Kita membutuhkan semua mitra untuk mengambil tindakan... untuk mencegah situasi menjadi tidak terkendali," kata Margot Vandervelden, penjabat direktur regional WFP untuk Afrika Barat.

Karena kekurangan pangan, angka kekurangan gizi sangat tinggi, kata badan tersebut, dan memperkirakan bahwa 16,7 juta anak di bawah usia lima tahun mengalami kekurangan gizi akut di Afrika Barat dan Tengah.

Ketergantungan yang besar pada impor pangan telah memperparah tekanan ini, terutama bagi negara-negara yang berjuang melawan inflasi tinggi seperti Ghana, Nigeria, dan Sierra Leone.

Kebijakan harus diterapkan untuk meningkatkan dan mendiversifikasi produksi pangan lokal “untuk menanggapi kerawanan pangan dan gizi yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Robert Guei, Koordinator Sub-regional FAO untuk Afrika Barat.

KEYWORD :

Krisis Pangan Afrika Barat Tengah Terancam Kelaparan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :