Jum'at, 10/05/2024 19:13 WIB

Pemudik Jalur Darat Naik 13 Persen Tapi Tidak Macet

Meskipun di jalur Tol Cipali naik hingga 23%, tapi tidak terjadi adanya kemacetan

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan memaparkan, pemudik jalur darat pada Lebaran 2024 mengalami kenaikan hingga 13%.

Meskipun di jalur Tol Cipali naik hingga 23%, tapi tidak terjadi adanya kemacetan.

"Saya terima kasih lagi dengan Pak Menko PMK yang mengkoordinir kami, TNI/Polri dan semua stakeholder disana, di Cipali sekalipun ada satu hari naik 23% tetap tidak terjadi kemacetan, average kenaikan tahun ini 13%," ungkap Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2024).

"Kenaikan-kenaikan di sektor darat itu biasanya tidak lebih dari 5%, 2 atau 3%, tahun ini kan 13% dan satu hari itu 23%," imbuhnya.

Selain itu, Budi mengatakan arus mudik dengan transportasi kereta api berjalan dengan baik. Dia mengatakan tak terjadi penumpukan pemudik di stasiun.

"Kalau di kereta api kan dia punya tiket dia datang 2 jam sebelumnya, kalau ini ada yang belum (punya) tiket bahkan jalannya besok pagi dia datang," kata Menhub.

Kemenhub sebelumnya membeberkan potensi pemudik di Lebaran tahun ini. Survei yang dilakukan Menhub memprediksi ada 193 juta orang melakukan mudik Lebaran tahun dengan 28,4 juta diantaranya berasal dari Jabodetabek.

KEYWORD :

Mudik 2024 Jalur Darat Tol Cipali




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :