Jum'at, 17/05/2024 13:18 WIB

Serangan Kedutaan Iran Tunjukkan Besarnya Jangkauan Israel saat Timur Tengah Memanas

Serangan Kedutaan Iran Tunjukkan Besarnya Jangkauan Israel saat Timur Tengah Memanas

Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, bertemu dengan keluarga salah satu anggota Korps Garda Revolusi Islam yang tewas, di Teheran, Iran 4 April 2024. WANA via REUTERS

DUBAI - Diburu oleh serangan mematikan Israel selama berbulan-bulan di Suriah, para komandan militer Iran menganggap aman untuk mengadakan pertemuan tingkat tinggi di dalam kompleks kedutaan Iran di Damaskus. Mereka percaya bahwa pertemuan tersebut dilindungi oleh norma-norma internasional yang melindungi misi diplomatik, menurut selusin pejabat Iran, Suriah dan negara regional lainnya.

Mereka salah.
Serangan udara di kompleks tersebut menewaskan tujuh perwira Iran pada hari Senin – di antaranya salah satu tentara penting Iran, Brigadir Jenderal Mohammad Reza Zahedi, seorang komandan senior Garda Revolusi (IRGC).

Serangan ini adalah yang paling berani dan paling mematikan dalam serangkaian serangan yang menargetkan pejabat Iran di Suriah sejak bulan Desember.

Teheran menyalahkan Israel, serangan tersebut merupakan serangan militer yang jarang terjadi terhadap lokasi diplomatik di mana pun di dunia dan langsung mendapat kecaman dari PBB dan Uni Eropa. Para analis memandang hal ini sebagai peningkatan signifikan dalam kampanye Israel yang lebih luas untuk melemahkan pengaruh Iran di Suriah selama dekade terakhir.

Zahedi telah tiba di Suriah sekitar satu hari sebelum serangan dan tinggal di kompleks kedutaan bersama dua komandan senior lainnya, menurut sumber Iran yang, seperti orang lain dalam cerita ini, meminta untuk tidak disebutkan namanya karena sensitifnya masalah tersebut.

Ketiga pria tersebut berada di Suriah untuk membahas logistik operasional dan koordinasi, kata sumber tersebut, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Zahedi adalah tokoh penting dalam Pasukan Quds Garda Revolusi, yang menyalurkan dukungan Iran kepada sekutunya di kawasan, termasuk Hizbullah Lebanon. Dia adalah tokoh Garda Revolusi paling senior yang terbunuh sejak serangan pesawat tak berawak AS terhadap Qassem Soleimani di Bagdad empat tahun lalu, dan cara serangannya menimbulkan gelombang kejutan di wilayah yang sudah bergolak akibat perang Israel di Gaza.

“Dalam pandangan saya, hal ini belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Gregory Brew, analis di Eurasia Group, seraya menambahkan bahwa dia tidak dapat mengingat negara mana pun yang secara langsung menargetkan kehadiran diplomatik negara lain dengan cara seperti itu.

“Para petugas IRGC mungkin mengira mereka aman selama mereka tetap berada di kompleks diplomatik,” katanya. “Saya tidak bisa membayangkan ada petugas IRGC yang merasa aman saat ini.”

Ketika Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei bersumpah akan membalas dendam, dampaknya berisiko semakin meningkatkan konflik yang telah menyebar ke Timur Tengah sejak pecahnya perang Gaza pada bulan Oktober.

Namun, dua pejabat Iran mengindikasikan bahwa Teheran tidak akan mengubah pendekatan yang telah diadopsi sejak Oktober untuk menghindari konflik langsung dengan Israel dan Amerika Serikat, sekaligus mendukung sekutu yang menyerang Israel, pasukan AS, dan kapal-kapal Laut Merah dalam serangan yang mereka katakan bertujuan untuk menyerang Israel. untuk mendukung Gaza.

Salah satu pejabat tersebut, sumber senior, mengatakan Teheran terpaksa memberikan tanggapan serius untuk mencegah Israel mengulangi atau meningkatkan serangan serupa. Namun tingkat pembalasan akan terbatas dan ditujukan untuk pencegahan, kata pejabat itu, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Kantor hubungan masyarakat Garda Revolusi Iran menolak berkomentar.
Israel, yang jarang mengomentari operasinya di Suriah, belum menyatakan tanggung jawabnya atas serangan hari Senin, yang meratakan gedung tempat para komandan berkumpul di dekat gedung utama kedutaan besar Iran.

Kantor juru bicara militer Israel menolak berkomentar mengenai cerita ini.
Sanam Vakil, wakil kepala program Timur Tengah dan Afrika Utara di Chatham House, mengatakan serangan itu adalah serangan terbaru yang menunjukkan sifat intelijen Israel di Suriah dan wilayah yang lebih luas.

Dia mencatat serangan Israel pada 2 Januari telah menewaskan seorang pemimpin senior kelompok militan Palestina Hamas di Lebanon, kubu gerakan Hizbullah yang didukung Iran. Kedua kelompok tersebut merupakan bagian dari `Poros Perlawanan` regional Iran.

“Kami telah melihat pembunuhan tingkat tinggi terhadap pejabat dengan tanggung jawab manajemen di seluruh jaringan,” katanya, seraya menambahkan bahwa serangan terbaru yang menargetkan Zahedi “menunjukkan tujuan Israel yang lebih luas dalam mencoba menurunkan kapasitas operasional Poros Perlawanan selama enam bulan terakhir”.

Pekan lalu, Israel melancarkan salah satu serangan paling mematikan dalam beberapa bulan terakhir di Suriah, menewaskan 33 warga Suriah dan enam pejuang Hizbullah, kata sumber keamanan. Israel juga menyerang Hizbullah dengan keras di Lebanon selama permusuhan sejak perang Gaza dimulai pada bulan Oktober, menewaskan sekitar 250 pejuangnya termasuk komandan senior.

Israel melancarkan invasi ke Gaza sebagai tanggapan atas serangan Hamas terhadap Israel selatan pada 7 Oktober, yang menewaskan 1.200 orang dan menyandera 253 orang. Sekitar 33.000 warga Palestina telah terbunuh dalam hampir enam bulan peperangan, menurut pejabat medis di daerah kantong tersebut.

Sumber keamanan Iran mengatakan Iran akan menyesuaikan taktiknya sehubungan dengan serangan hari Senin tersebut, tanpa memberikan rincian lebih lanjut. Sebuah sumber regional yang dekat dengan Iran mengatakan tidak ada lagi tempat yang aman di Suriah setelah Israel melanggar norma-norma diplomatik.

Reuters melaporkan pada bulan Februari bahwa Garda Revolusi telah mengurangi penempatan perwira senior di Suriah sebagai akibat dari gelombang serangan Israel terhadap komandan Garda Revolusi. Sumber mengatakan pada saat itu Garda Revolusi telah menyampaikan kekhawatiran kepada pihak berwenang Suriah bahwa kebocoran informasi dari dalam pasukan keamanan Suriah berperan dalam serangan tersebut.

Setelah serangan hari Senin, sumber keamanan Iran mengatakan Iran sedang menyelidiki apakah gerakan Zahedi bocor ke Israel.

Iran telah mengerahkan perwira dan milisi sekutunya ke Suriah untuk membantu Presiden Bashar al-Assad selama perang yang dimulai pada tahun 2011. Pemerintah Suriah mengatakan mereka bertugas sebagai penasihat atas undangan Damaskus.

Raz Zimmt, seorang peneliti di Pusat Aliansi Studi Iran di Universitas Tel Aviv, mengatakan Zahedi telah memainkan peran penting “mengelola penguatan aktivitas Iran baik di Suriah dan Lebanon”. Dia akan sulit digantikan karena "pengalamannya yang panjang dan kehadirannya yang lama di Suriah", katanya, namun arti utama dari serangan itu adalah untuk menunjukkan bahwa tidak ada tempat yang berada di luar batas.

“Saya pikir mungkin isu yang lebih penting adalah bagi Israel untuk menyampaikan pesan tersebut kepada Iran, yang mengatakan bahwa Iran tidak dapat lagi lepas dari konsekuensi peran utamanya dalam koordinasi poros Iran di kawasan,” kata Zimmt.

Seorang pejabat Israel, yang berbicara tanpa menyebut nama, menolak untuk mengkonfirmasi keterlibatan Israel dalam serangan hari Senin itu, namun mengatakan bahwa berkumpulnya beberapa pejabat senior Iran di satu lokasi sangat tidak biasa.

“Siapa pun yang melakukan hal ini jelas tidak ingin melewatkan kesempatan yang tampaknya sangat, sangat langka ini,” katanya. “Itu bukanlah sesuatu yang akan dilewatkan oleh negara yang sedang berperang.”

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengutuk, membuka tab baru serangan terhadap gedung diplomatik Iran, dengan mengatakan "prinsip yang tidak dapat diganggu gugat terhadap gedung dan personel diplomatik dan konsuler harus dihormati dalam semua kasus dan dalam semua keadaan sesuai dengan hukum internasional", katanya. kata juru bicara. Uni Eropa juga menggemakan pernyataan tersebut.

Namun, pejabat Israel mengatakan identitas korban tewas merupakan "pengakuan bahwa misi diplomatik di negara pihak ketiga digunakan sebagai markas militer".

Amerika Serikat mengatakan pihaknya belum mengkonfirmasi status bangunan yang diserang di Damaskus, namun mereka khawatir jika bangunan tersebut merupakan fasilitas diplomatik. Washington memperingatkan Iran pada hari Selasa untuk tidak membalas serangan tersebut, dan mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa mereka tidak memiliki peringatan sebelumnya mengenai serangan tersebut.

Seorang perwira intelijen militer Suriah mengatakan bahwa area di dekat kedutaan tersebut mencakup bangunan-bangunan yang sebelumnya digunakan oleh Israel untuk memantau dan memasang perangkat, dan bahwa Israel telah mengintensifkan upaya untuk mengembangkan kecerdasan manusia dalam beberapa bulan terakhir.

Qasem Mohebali, mantan Direktur Jenderal Timur Tengah dan Afrika Utara di Kementerian Luar Negeri Iran yang berbasis di Iran, menyebut serangan tersebut sebagai titik balik serangan Israel terhadap kehadiran Iran di Suriah.

Dalam sebuah wawancara dengan situs berita Iran Jamaran, dia mengatakan Israel "sebelumnya berhati-hati dan menahan diri untuk tidak menargetkan lokasi resmi dan diplomatik Iran".

Namun “perang langsung dengan Israel sama sekali bukan kepentingan Iran”, tambahnya. “Memasuki arena tersebut tidak hanya berakhir dengan perang dengan Israel; konflik bisa meningkat dan melibatkan pemain lain seperti Amerika Serikat,” katanya.

KEYWORD :

Serangan Israel Kedutaan Iran Damaskus Suriah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :