Rabu, 24/04/2024 20:41 WIB

Malaysia Minta Pencarian MH370 Harus Dilanjutkan

Sepuluh Tahun Pesawat Hilang, Malaysia Minta Pencarian MH370 Harus Dilanjutkan

Pengunjung melihat puing-puing pesawat yang diyakini berasal dari pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH370 yang hilang, di Subang Jaya, Malaysia 3 Maret 2024. Foto: REUTERS

KUALA LUMPUR - Malaysia mendorong pencarian baru atas Malaysia Airlines Penerbangan MH370, kata menteri transportasi, menjelang peringatan 10 tahun hilangnya pesawat tersebut dalam salah satu misteri penerbangan terbesar di dunia.

Penerbangan MH370, sebuah Boeing 777 yang membawa 227 penumpang dan 12 awak, hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada 8 Maret 2014.

Penyelidik Malaysia awalnya tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa pesawat tersebut sengaja dikeluarkan dari jalurnya, dan puing-puing, sebagian sudah dikonfirmasi dan sebagian lagi diyakini berasal dari pesawat tersebut, telah terdampar di sepanjang pantai Afrika dan di pulau-pulau di Samudera Hindia.

Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke mengatakan perusahaan eksplorasi dasar laut Amerika, Ocean Infinity, telah diundang untuk membahas proposal pencarian terbarunya setelah dua upaya pencarian sebelumnya gagal.

“Pemerintah Malaysia berkomitmen untuk melakukan pencarian (MH370) dan pencarian harus terus berlanjut,” kata Loke dalam acara peringatan, Minggu.

Malaysia melibatkan Ocean Infinity pada tahun 2018 untuk melakukan pencarian di bagian selatan Samudera Hindia, dan menawarkan pembayaran hingga $70 juta jika menemukan pesawat tersebut.

Malaysia, Tiongkok, dan Australia sebelumnya telah mengakhiri perburuan bawah air selama dua tahun yang sia-sia senilai A$200 juta ($130,46 juta) pada bulan Januari 2017.

Loke mengatakan Malaysia akan berbicara dengan Australia mengenai kerja sama dalam melanjutkan pencarian setelah proposal Ocean Infinity disetujui oleh kabinet Malaysia.

Wakil Presiden Nathan, yang istrinya Anne Daisy berada di dalam pesawat tersebut, mengatakan usulan Ocean Infinity, yang mencakup opsi “tidak ditemukan, tidak ada biaya”, disambut baik.

“Kami ingin pencarian tetap berjalan tapi kami juga harus realistis. Kami tidak bisa berharap pemerintah mengeluarkan miliaran (untuk pencarian),” kata Nathan.

Jiang Hui, seorang warga negara Tiongkok yang ibunya adalah penumpang MH370, meminta Malaysia untuk memberikan informasi terkini kepada kerabatnya.

“Selama ada komunikasi, kita bisa menghindari kesalahpahaman,” kata Jiang, salah satu anggota keluarga yang mengajukan gugatan di Tiongkok menuntut kompensasi atas hilangnya pesawat tersebut.

Pengadilan Beijing memulai sidang kompensasi pada bulan November.
Lebih dari 150 penumpang Tiongkok berada dalam penerbangan tersebut, dan kerabatnya menuntut kompensasi antara lain dari Malaysia Airlines, Boeing, pembuat mesin pesawat Rolls-Royce dan grup asuransi Allianz.

KEYWORD :

Pesawat Malaysia Hilang Keluarga Korban




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :