Rabu, 24/04/2024 19:49 WIB

Drama Musikal Tanamkan Pendidikan Karakater pada Siswa

Penanaman nilai-nilai karakter menjadi hal esensial yang menjadi tanggung jawab satuan pendidikan. Karena itu, butuh berbagai pendekatan khusus

Pelaksanaan seni drama musikal di Sekolah Global Sevilla (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Penanaman nilai-nilai karakter menjadi hal esensial yang menjadi tanggung jawab satuan pendidikan. Karena itu, butuh berbagai pendekatan khusus, di antaranya pelibatan peserta didik dalam kegiatan nonakademis, salah satunya seni.

Hal itu yang dilakukan oleh Sekolah Global Sevilla Pulomas. Secara rutin, pihaknya menggelar panggung drama musikal yang diperankan oleh seluruh siswa.

Kali ini, seluruh siswa jenjang sekolah dasar memainkan drama musikal `My Son Pinocchio Jr.`, sebuah kisah klasik populer yang banyak diangkat ke berbagai versi. Singkatnya, cerita ini mengajarkan tentang hubungan antara orang tua dan anak untuk menjadi manusia yang luhur.

Kepala Sekolah Global Sevilla, Purborini Sulistiyo mengatakan, banyak hal positif yang bisa didapat oleh para siswa dari proses kegiatan ini. Salah satu yang penting adalah transformasi tentang nilai kemanusiaan.

"Cerita ini menarik karena diajarkan tentang seorang anak yang tidak bisa apa-apa sampai terbentuk pengetahuan dan karakternya. Dan dalam sebuah pembelajaran di sekolah, ini disebut dengan transforasi pendidikan," ujar dia pada Jumat (1/3).

Sebagai sekolah yang mengedepankan nilai-nilai giving, compassion, dan self-control, diharapkan para siswa dan orang tua bisa mengambil pesan yang mendalam dari cerita tersebut.

Sementara itu, Superintendent Sekolah Global Sevilla, Michael Thia menuturkan, program drama musikal ini sebenarnya bisa menjadi salah satu solusi dari isu yang belakangan ini tengah marak diperbincangkan, yakni perundungan antar siswa.

Karena secara tidak langsung, dalam prosesnya, anak-anak diajarkan untuk saling menghargai dan menghormati satu sama lainnya. "Musikal ini menjadi aktivitas yang menyenangkan antar mereka. Pertemanan menjadi sebuah proses yang kami sebut dengan kekeluargaan," imbuh Michael.

Di sisi lain, sambungnya, dalam proses belajar mengajar di sekolah, guru juga memiliki peran besar untuk meminimalisir terjadinya perundungan atau bullying antar siswa.

"Dan yang pasti, metedo mindfulness yang kami terapkan itu mengajarkan anak-anak untuk tidak menjadi seorang yang reaktif," katanya.

Primary Principal Global Sevilla Pulomas, Lemuel Al Rivera menambahkan, dalam tata kelola anti perundungan di sekolah sebenarnya sudah berjalan dengan sangat baik. Di mana anak-anak sudah sangat aman untuk melaporkan jika terjadi kasus bullying di antara mereka.

"Lingkungan sekolah ini sudah sangat support. Misalnya ada anak yang melihat atau merasa di-bully, mereka merasa nyaman untuk melaporkan ke guru," jelasnya.

Terkait dengan gelaran `My Son Pinocchio Jr.` yang dibawakan oleh 300 siswa SD Global Sevilla dalam Bahasa Inggris, semuanya dipersiapkan dengan penuh antusias, mulai dari tahapan seleksi hingga latihan.

KEYWORD :

Pendidikan Karakter Sekolah Global Sevilla Drama Musikal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :