Sabtu, 18/05/2024 22:26 WIB

Musim Semi Datang Lebih Awal, Februari Bakal Alami Suhu Terpanas

Musim Semi Datang Lebih Awal, Februari Bakal Alami Suhu Terpanas

Seorang wanita melewati pohon Jacaranda di Plaza Cibeles di Mexico City, Meksiko. 22 Februari 2024. Foto: REUTERS

JAKARTA - Dunia kemungkinan besar akan mencatat rekor terpanas pada bulan Februari. Kondisinya seperti musim semi menyebabkan bunga-bunga bermekaran lebih awal dari Jepang hingga Meksiko. Hal itu juga membuat lereng ski gundul dari salju di Eropa dan mendorong suhu hingga 100 derajat Fahrenheit (38 C) di Texas.

Meskipun datanya belum final, tiga ilmuwan mengatakan kepada Reuters bahwa bulan Februari akan mencapai suhu rata-rata global tertinggi yang pernah tercatat pada bulan tersebut, hal ini disebabkan oleh perubahan iklim dan pemanasan di Samudra Pasifik Timur yang dikenal sebagai El Nino.

Jika hal ini terkonfirmasi, maka ini akan menjadi rekor suhu bulanan kesembilan berturut-turut yang dipecahkan, menurut data, menurut data dari Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS. NOAA akan mempublikasikan angka akhir untuk bulan Februari sekitar 14 Maret, menurut kantor persnya.

Di Belahan Bumi Utara, rekor suhu berarti “musim semi datang lebih awal,” menurut Karin Gleason, ilmuwan atmosfer di NOAA pekan lalu.

"Saya baru saja berada di bagian timur Carolina Utara kemarin dan melihat beberapa pohon bermekaran penuh dengan bunga di mana-mana dan saya berpikir - Ini bulan Februari. Ini sepertinya sangat aneh."

Orang-orang di Tokyo juga mengambil foto bunga sakura berwarna merah muda yang mekar sekitar sebulan lebih awal dari biasanya, sementara pohon jacaranda yang biasanya mekar pada akhir Maret telah memenuhi Mexico City dengan kuncup ungu sejak bulan Januari.

Ketika salju mencair di Eropa bulan ini, jalur ski berubah menjadi lumpur dan tidak ada aktivitas di Bosnia dan Italia, sementara sebuah resor di Prancis mengubah nama lerengnya menjadi tujuan hiking dan bersepeda.
Di Amerika Serikat, suhu mencapai 40 derajat Fahrenheit (22 derajat Celcius) di atas normal pada minggu ini, dengan kota Killeen, Texas mencatat rekor suhu 100F (38 C).

Panas tambahan dari pemanasan global mendatangkan malapetaka pada sistem global, membantu mencairnya gletser di kutub dan pegunungan, menaikkan permukaan air laut, dan mendorong cuaca ekstrem, kata Anders Levermann, fisikawan di Potsdam Institute for Climate Impact Research.

Rekor suhu tertinggi di musim panas – yang saat ini terjadi di Belahan Bumi Selatan – umumnya menyebabkan lonjakan kematian terkait panas, kata Jane Baldwin, ilmuwan atmosfer di Universitas California Irvine.
“Panas adalah pembunuh diam-diam,” katanya.

Gelombang panas melanda Argentina, Peru, Brazil, dan Chile bulan ini, dan kondisi panas dan kering juga berkontribusi terhadap kebakaran hutan di dekat Santiago yang menewaskan sedikitnya 133 orang.

Gleason mengatakan bahwa El Nino diperkirakan akan mereda pada pertengahan tahun 2024 dan dapat dengan cepat beralih ke La Nina – suatu kondisi pendinginan di Pasifik Timur – yang mungkin membantu memutus rangkaian panas tersebut menjelang akhir tahun.

Namun, NOAA memperkirakan ada kemungkinan 22% bahwa tahun 2024 akan memecahkan rekor tahun 2023 sebagai tahun terpanas, dan ada 99% tahun ini akan berada di 5 besar, kata Gleason.

KEYWORD :

Perubahan Iklim Musim Semi Lebih Awal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :