Rabu, 24/04/2024 13:25 WIB

ASDP Berlakukan Reservasi Tiket Online di Pelabuhan Hunimua

ASDP mengoperasikan empat unit kapal, diantaranya KMP Rokatenda , KMP Terubuk, KMP Temi, KMP Inelika untuk melayani penyeberangan di Pelabuhan Hunimua.

Pelabuhan penyeberangan Hunimua, Ambon. Foto: asdp

AMBON, Jurnas.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kini resmi menerapkan reservasi tiket online melalui trip.ferizy.com di Pelabuhan Hunimua, Ambon-Maluku Tengah pada Rabu (28/2/2024) malam.

Sebelumnya, penerapan reservasi sejenis diberlakukan di lintasan Galala-Namlea.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan akselerasi transformasi digital ini menjadi bagian dari pertimbangan ASDP menilik periode Angkutan Lebaran 2024 yang dimulai akhir bulan Maret.

“Kurang lebih sebulan ke depan periode mudik nasional akan tiba. Sebagai pelabuhan tersibuk di Maluku, maka penerapan digitalisasi di Pelabuhan Hunimua menjadi perhatian ASDP sebagai antisipasi kepadatan menjelang angkutan Lebaran dan juga untuk mendukung kelancaran mobilisasi masyarakat serta logistik,” katanya di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

ASDP mengoperasikan empat unit kapal, diantaranya KMP Rokatenda , KMP Terubuk, KMP Temi, KMP Inelika untuk melayani penyeberangan di Pelabuhan Hunimua. Tersedia 13 trip penyeberangan yang dilayani melalui pelabuhan ini mulai pukul 05.30 – 21.00 WIT.

Data mencatat, total penumpang yang menyeberang di lintas Hunimua-Waipirit (PP) pada tahun 2023 sebanyak 440.882 orang dan total kendaraan yang menyeberang sebanyak 298.599 unit kendaraan dengan rincian kendaraan roda 2 sebanyak 199.143 unit dan kendaraan roda 4 atau lebih sebanyak 99.456 unit.

Menilik jumlah penumpang pada tahun 2023 yang mencapai lebih dari 400ribu orang, digitalisasi ini akan berdampak pada percepatan proses customer handling, meminimalisir potensi kepadatan di pelabuhan melalui penerapan kuota penumpang, serta data manifest yang lebih akurat.

KEYWORD :

Pelabuhan Hunimua ASDP Tiket online




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :