Rabu, 24/04/2024 19:36 WIB

Ke Inggris, Pangeran Harry dan Meghan Markle tak Lagi Dapat Perlindungan dari Polisi

Ke Inggris, Pangeran Harry dan Meghan Markle tak Lagi Dapat Perlindungan dari Polisi

Ke Inggris, Pangeran Harry dan Meghan Markle tak Lagi Dapat Perlindungan dari Polisi. (FOTO: GETTY IMAGES)

JAKARTA - Pangeran Harry kalah dalam tantangan hukumnya untuk mendapatkan keamanan polisi di Inggris

Duke of Sussex berpendapat bahwa dia harus mendapatkan perlindungan otomatis untuk dirinya dan keluarganya setiap kali mereka mengunjungi Inggris dari rumah mereka di California setelah pihak berwenang Inggris mencabut hak tersebut pada Februari 2020, tak lama setelah dia dan istrinya Meghan Markle mundur dari jabatan tugas resmi kerajaan.

Dalam sebuah pernyataan pada bulan Desember, Pangeran Harry mengatakan dia "merasa terpaksa" untuk mundur dari peran kerajaannya dan meninggalkan Inggris pada tahun 2020, dengan alasan masalah keamanan bagi keluarganya: istrinya, Meghan Markle, Duchess of Sussex, dan kedua anak mereka, putra Pangeran Archie (4) dan Putri Lilibet (2).

Namun pada hari Rabu (28/2/2024), hakim Pengadilan Tinggi Peter Lane menguatkan keputusan pemerintah Inggris dan, khususnya, Komite Eksekutif untuk Perlindungan Royalti dan Tokoh Masyarakat (RAVEC) untuk menurunkan tingkat keamanannya.

“Pengadilan menemukan bahwa tidak ada pelanggaran hukum dalam mengambil keputusan pada 28 Februari 2020,” perintah Lane dalam dokumen seperti dikutip dari People.

"Keputusan itu tidak irasional. Keputusan itu tidak dirusak oleh ketidakadilan prosedural."

“Pengadilan juga menemukan bahwa tidak ada pelanggaran hukum di pihak RAVEC sehubungan dengan pengaturannya untuk kunjungan tertentu penggugat ke Inggris,” tambah putusan tersebut.

Pangeran Harry sekarang akan mengajukan banding atas keputusan tersebut.

“Duke tidak meminta perlakuan istimewa, tetapi penerapan aturan RAVEC sendiri secara adil dan sah, memastikan bahwa dia menerima pertimbangan yang sama seperti orang lain sesuai dengan kebijakan tertulis RAVEC,” kata juru bicara hukum.

“Pada bulan Februari 2020, RAVEC gagal menerapkan kebijakan tertulisnya kepada Duke of Sussex dan mengecualikannya dari analisis risiko tertentu,” lanjut pernyataan itu.

"Kasus Duke adalah bahwa apa yang disebut `proses yang dipesan lebih dahulu` yang berlaku padanya, bukanlah pengganti analisis risiko tersebut."

“Duke of Sussex berharap dia akan mendapatkan keadilan dari Pengadilan Banding, dan tidak memberikan komentar lebih lanjut saat kasus ini sedang berlangsung.”

Pada bulan Desember 2023, pengacara Pangeran Harry menentang keputusan Februari 2020 yang menghapus hak otomatis pangeran atas keamanan polisi Inggris. Meski Pangeran Harry menawarkan untuk menanggung biaya keamanan, tawaran itu ditolak.

Dalam pernyataannya di Pengadilan Tinggi di London pada saat itu, Pangeran Harry (39), mengatakan bahwa dia membutuhkan keamanan polisi agar anak-anaknya “merasa seperti di rumah sendiri” di negara asalnya – sesuatu yang menurutnya tidak dapat terjadi “jika ada. Tidak ada kemungkinan untuk menjaga mereka tetap aman ketika mereka berada di wilayah Inggris."

"Inggris adalah rumah saya. Inggris adalah pusat warisan anak-anak saya dan saya ingin mereka merasa seperti di rumah sendiri, sama seperti tempat mereka tinggal saat ini di Amerika Serikat," lanjut Pangeran Harry.

“Hal itu tidak dapat terjadi jika tidak ada kemungkinan untuk menjaga mereka tetap aman ketika berada di wilayah Inggris.”

"Saya tidak bisa menempatkan istri saya dalam bahaya seperti itu, dan berdasarkan pengalaman hidup saya, saya juga enggan menempatkan diri saya dalam bahaya yang tidak perlu."

Saat keputusan itu diumumkan pada hari Rabu, ayah Pangeran Harry, Raja Charles, yang sedang menjalani perawatan kanker, difoto sedang diusir dari rumahnya di London.

Pangeran Harry sempat mengunjungi ayahnya pada 6 Februari, terbang melintasi Atlantik segera setelah berita tersebut dipublikasikan sehari sebelumnya.

Sejak pindah ke California pada tahun 2020, Meghan Markle dan Pangeran Harry hanya membawa anak-anak mereka ke Inggris satu kali: pada tahun 2022 ketika mereka menghadiri perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth dan menandai ulang tahun pertama Lili di Frogmore Cottage, bekas rumah mereka di Inggris di Windsor.

Pada bulan Desember, Kementerian Dalam Negeri Inggris mengatakan bahwa Pangeran Harry akan memiliki "pengaturan yang dibuat khusus, yang secara khusus dirancang untuknya" daripada keamanan otomatis yang diberikan kepada bangsawan pekerja lainnya, lapor BBC. (*)

KEYWORD :

Pangeran Harry Meghan Markle perlindungan keamanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :