Rabu, 24/04/2024 18:32 WIB

Mukernas Alkhairaat Diharapkan Dorong Capaian Organisasi

Saya harapkan Mukernas perhimpunan Alkhatiraat 2024 dapat membuahkan program kerja yang semakin mendorong capaian dan kinerja organisasi ke depan, utamanya dalam konteks modernisasi lingkungan, kebudayaan dan komitmen kebangsaan.

Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin. (Foto istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap penyelenggaraan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Alkhairaat 2024 di Samarinda, Kalimantan Timur, dapat mendorong capaian dan kinerja organisasi tersebut ke depan.

"Saya harapkan Mukernas perhimpunan Alkhatiraat 2024 dapat membuahkan program kerja yang semakin mendorong capaian dan kinerja organisasi ke depan, utamanya dalam konteks modernisasi lingkungan, kebudayaan dan komitmen kebangsaan," kata Wapres dalam sambutannya secara daring dalam acara Mukernas Alkhairaat yang disaksikan di Jakarta, Senin (26/2).

Wapres menyampaikan sejumlah pesan kepada Alkhairaat. Ia mendorong Alkhairaat sebagai salah satu pusat peradaban Islam di wilayah timur Indonesia menjadi tempat pendalaman dan pengembangan ilmu-ilmu keislaman.

Warpres juga mendorong kultur pesantren dan sistem madrasah sebagai landasan solid dalam menempa moralitas keagamaan serta ilmu pengetahuan dan teknologi di lingkungan pimpinan Alkhairaat.

"Saya sering menyebut melahirkan orang-orang yang paham agama, orang-orang yang bisa memakmurkan bumi," ujar Wapres.

Ketiga, ia meminta Alkhairaat meningkatkan kolaborasi dengan organisasi Islam lain seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah serta organisasi lain, utamanya dengan memastikan integrasi dalam rangka penguatan Indonesia sebagai negara kesepakatan guna mendukung ketahanan nasional.

Selanjutnya Ia meminta Alkhairaat mengoptimalkan potensi sumber daya yang ada baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam. Sebab, kata Wapres, Indonesia dikaruniai jumlah penduduk yang besar dengan keragaman suku bangsa, sekaligus negara kepulauan dengan potensi laut berlimpah.

"Keduanya sepatutnya menjadi modal dan peluang untuk memajukan ekonomi wilayah dan nasional sekaligus memperkuat integrasi sosial dan komunitas besar Islam di Indonesia khususnya wilayah timur Indonesia," terang dia.

Menurut Wapres misi Alkhairaat dapat diarahkan untuk membangun sumber daya maritim yang lebih kuat, sehingga lahir generasi muda yang cakap dan terampil dalam bidang kelautan.

"Di saat yang sama promosikan nilai-nilai ilmu pengetahuan Islam yang seimbang, ramah lingkungan dan berkelanjutan dalam pengelolaan sumber daya kelautan," jelasnya.

Terakhir, Wapres meminta Alkhairaat melibatkan para pemuda dan perempuan dalam berbagai kegiatan dakwah dan pemberdayaan masyarakat.

Menurutnya, peran generasi muda sangat dibutuhkan untuk dapat mendorong isu prioritas nasional seperti pengembangan ekonomi syariah, pengurangan kemiskinan, serta penanggulangan stunting, utamanya di wilayah Indonesia timur.

"Saya berharap Mukernas berjalan lancar dan membuahkan program kerja yang semakin mendorong peningkatan kualitas tata kelola pendidikan dan dakwah," harap Wapres.

 

KEYWORD :

Wapres RI Ma’ruf Amin Mukernas Alkhairaat Islam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :