Rabu, 24/04/2024 12:14 WIB

Ekspor Perlengkapan Militer Israel ke India Tidak Terpengaruh Perang Gaza

Ekspor Perlengkapan Militer Israel ke India Tidak Terpengaruh Perang Gaza

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Perdana Menteri India Narendra Modi di Pangkalan Angkatan Udara Palam di New Delhi, India, 14 Januari 2018. Foto: Reuters

NEW DELHI - Ekspor militer Israel ke India, pembeli pertahanan terbesarnya, tidak terpengaruh oleh perang di Gaza, kata sumber India dan sumber Israel yang mengetahui rinciannya.

India telah mengimpor perangkat keras militer senilai $2,9 miliar dari Israel selama dekade terakhir, termasuk radar, drone pengintai dan tempur, serta rudal.

Israel melancarkan kampanye militernya selama berbulan-bulan setelah militan dari Gaza yang dikuasai Hamas membunuh 1.200 orang dan menyandera 253 orang di Israel selatan pada 7 Oktober. Sejak itu, lebih dari 29.000 warga Palestina telah terbunuh, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas di Gaza.

Namun kebutuhan perang Israel tidak bertentangan dengan pasokan pertahanannya ke India, kata sumber Israel dan pejabat senior militer India.
Operasi Israel telah menciptakan peningkatan kebutuhan akan amunisi, namun tidak seperti jenis radar yang diekspor ke India, kata sumber Israel.

“Kami memastikan ekspor (militer) kami ke India tidak terkena dampaknya,” katanya.

Pejabat India mengatakan Israel telah memastikan pasokan senjata yang dibeli oleh New Delhi, yang juga mencakup komponen drone.

Kedua sumber berbicara dengan syarat anonimitas karena sensitivitas subjek.

Kementerian Luar Negeri India dan Kedutaan Besar Israel di New Delhi tidak menanggapi permintaan komentar.

Dengan kehadiran yang kuat di Singapore Airshow, produsen senjata Israel kembali hadir di acara internasional setelah absen sejak dimulainya perang di Gaza.

India adalah importir senjata terbesar di dunia, membeli senjata senilai $37 miliar antara tahun 2012 dan 2022, menurut Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm.

Israel adalah pemasok perangkat keras militer terbesar keempat ke India, yang telah membeli senjata senilai $21,8 miliar dari Rusia, $5,2 miliar dari Prancis, dan $4,5 miliar dari Amerika dalam dekade terakhir.

India telah berusaha mengurangi ketergantungannya pada senjata Rusia dengan mendiversifikasi pembelian ke negara-negara seperti Perancis dan Israel, dan meningkatkan industri manufaktur senjata dalam negeri yang baru lahir.

Elbit Systems Israel (ESLT.TA), membuka tab baru bermitra dengan konglomerat India grup Adani (ADEL.NS), membuka tab baru untuk memproduksi beberapa drone Hermes900 di sebuah fasilitas di India selatan, yang diekspor kembali ke Israel untuk digunakan.

KEYWORD :

Perang Gaza Ekspor Militer Israel India




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :