Rabu, 24/04/2024 20:20 WIB

Jembatan Roboh akibat Ditabrak Kapal, Tewaskan Lima Orang di China

Jembatan Roboh akibat Ditabrak Kapal, Tewaskan Lima Orang di China

Drone menunjukkan petugas penyelamat di lokasi kapal kontainer yang menabrak jembatan Lixinsha, di Guangzhou, provinsi Guangdong, Tiongkok, 22 Februari 2024. China Daily via Reuters

BEIJING - Lima orang tewas setelah sebuah tongkang menabrak jembatan di atas jalur air di Delta Sungai Mutiara Tiongkok dekat kota Guangzhou, menyebabkan sebagian jembatan putus. Tabrakan juga menyebabkan kendaraan tercebur ke dalam air, media pemerintah Tiongkok melaporkan pada hari Kamis.

Kapal tongkang tersebut sedang melakukan perjalanan dari kota Foshan ke distrik selatan Guangzhou ketika menabrak jembatan pada pukul 05.30 (21.30 GMT) di Jalur Air Hongqili, kata Administrasi Keselamatan Maritim Guangzhou dalam sebuah pernyataan.

Gambar di China Central Television (CCTV) milik negara menunjukkan sebuah tongkang kontainer kosong tersangkut di antara dua kolom Jembatan Lixinsha dan sebagian dek jalan dua jalur jembatan tersebut hilang. Semua lalu lintas jalan di jembatan itu dihentikan.

Empat kendaraan dan satu sepeda motor listrik terjatuh dari jembatan. Dua kendaraan, termasuk sebuah bus, terjun ke air dan tiga kendaraan lainnya berakhir di tongkang, kata CCTV. Bus itu hanya membawa sopirnya saja.

Kecelakaan itu mengakibatkan lima orang meninggal dunia (satu sopir bus, satu pengendara sepeda motor, dan tiga orang di dalam mobil van), lapor CCTV.

“Dua orang dirawat di rumah sakit dan tanda-tanda vital mereka kini stabil; satu awak kapal yang terlibat dalam kecelakaan itu menderita luka ringan,” tambah laporan itu.

Lebih dari 100 pekerja darurat, termasuk enam penyelam, dan sekitar 15 perahu serta kapal penyelamat terlibat dalam penyelamatan, kata media dan pejabat setempat pada konferensi pers.

Pihak berwenang masih menyelidiki penyebab kecelakaan itu, kata administrasi maritim Guangzhou melalui akun media sosial WeChat mereka. Pihaknya menyarankan kapal dan kendaraan yang menggunakan rute tersebut untuk mengambil jalan memutar.

CCTV menyebutkan kecelakaan itu disebabkan oleh tindakan tidak pantas yang dilakukan kru, mengutip konferensi pers otoritas Jembatan Lixinsha.
Pejabat setempat mengatakan penduduk sekitar telah dievakuasi dan pemilik kapal ditahan oleh petugas, menurut Global Times.

Jembatan Lixinsha adalah jalur transportasi utama bagi penduduk Pulau Sanmin, kata laporan itu, seraya menambahkan bahwa seorang pejabat di pulau itu mengatakan kepada wartawan bahwa masih ada kapal feri yang tersedia bagi penduduk untuk bepergian.

Pekerjaan untuk memperkuat jembatan, yang menyediakan koneksi darat ke kota Zhongshan dan Shenzhen bagi penduduk, dimulai pada tahun 2022 karena masalah keamanan, menurut CCTV.

Namun, pengerjaannya berulang kali tertunda. Departemen transportasi kota telah menandai akhir Agustus tahun ini untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, tambah laporan itu.

Guangzhou, ibu kota provinsi Guangdong yang makmur di bagian selatan dekat muara Sungai Pearl, adalah salah satu pusat transportasi laut dan perdagangan tersibuk di Tiongkok.

KEYWORD :

Jembatan Runtuh China Ditabrak Kapal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :