Selasa, 28/05/2024 06:22 WIB

Besok Amerika Umumkan Paket Sanksi Baru Rusia atas Kematian Kritikus Navalny

Besok Amerika Umumkan Paket Sanksi Baru Rusia atas Kematian Kritikus Navalny

Seseorang memberi isyarat di depan potret pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny di depan kedutaan Rusia setelah kematian Navalny, di Kappara, Malta, 19 Februari 2024. Foto: Reuters

WASHINGTON - Amerika Serikat akan mengumumkan paket sanksi besar terhadap Rusia pada Jumat atas kematian pemimpin oposisi Alexei Navalny dan perang dua tahun di Ukraina, kata Presiden Joe Biden pada Selasa.

Biden, yang berbicara kepada wartawan saat berangkat ke California, tidak memberikan rincian.

Sanksi terbaru terhadap Rusia akan menargetkan berbagai hal, termasuk pertahanan negara dan basis industri, serta sumber pendapatan bagi perekonomian, kata penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan.

Paket tersebut akan “meminta pertanggungjawaban Rusia atas apa yang terjadi pada Navalny” dan atas tindakannya selama perang di Ukraina, kata juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby.

Seorang pejabat senior AS mengatakan paket sanksi telah direncanakan untuk menandai ulang tahun kedua perang tersebut, yang kini akan dipertimbangkan kembali dan ditambah oleh Washington sebagai tanggapan atas kematian Navalny.

Wakil Menteri Keuangan untuk Terorisme dan Intelijen Keuangan, Brian Nelson, sedang membahas sanksi atas kematian Navalny dalam perjalanan ke Eropa minggu ini, kata dua sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Nelson, dalam kunjungannya ke Jerman, Belgia dan Perancis menjelang ulang tahun kedua perang Ukraina, juga membahas kewenangan Washington untuk menargetkan mereka yang mendanai upaya produksi perang Rusia bahkan jika mereka berada di negara ketiga, kata Departemen Keuangan. Dikatakan bahwa AS “secara agresif mengejar mereka yang berusaha menghindari sanksi kami.”

Amerika Serikat telah mengeluarkan beragam sanksi terkait invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022, termasuk terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin, pejabat, dan bank.

Washington sebelumnya juga telah menjatuhkan sanksi atas peracunan dan pemenjaraan Navalny pada tahun 2020, yang menargetkan orang-orang yang terkait dengan Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) dan pejabat lainnya.

Navalny, kritikus domestik paling sengit terhadap Putin, jatuh pingsan dan meninggal mendadak pada hari Jumat setelah berjalan-jalan di koloni hukuman "Serigala Kutub" di atas Lingkaran Arktik tempat dia menjalani hukuman tiga dekade, kata petugas penjara.

Berbicara kepada wartawan melalui telepon konferensi, Kirby mengatakan Amerika Serikat menekan Rusia untuk “transparansi penuh” tentang bagaimana Navalny meninggal pada Jumat lalu. Biden menyalahkan Putin.

“Apa pun cerita yang ingin disampaikan pemerintah Rusia kepada dunia, jelas bahwa Presiden Putin dan pemerintahannya bertanggung jawab atas kematian Tuan Navalny,” kata Kirby.

Kedutaan Besar AS di Moskow telah mencari lebih banyak informasi tentang kematian Navalny, kata Kirby, “tetapi sulit untuk mendapatkan titik dimana Anda bisa yakin dengan apa yang akan dikatakan Rusia tentang kematiannya.”

KEYWORD :

Kritikus Putin Alexei Navalny Sanksi Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :