Rabu, 24/04/2024 20:32 WIB

Salah Hitung Suara di Dapil Jabar X, Caleg DPR PKB Rina Dirugikan

Salah Hitung Suara di Dapil Jabar X, Caleg DPR PKB Rina Dirugikan

Caleg DPR RI Nomor Urut 3 dari PKB Rina Saadah. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com- Proses penghitungan suara antar caleg partai di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat disinyalir terjadi kesalahan yang berimplikasi pada perubahan perolehan suara calon legislatif DPR RI dapil Jawa Barat X.

Dapil Jabar X yang meliputi Kabupaten Kuningan, Ciamis, Pangandaran dan Kota Banjar, diduga terjadi perpindahan suara ke salah satu caleg incumbent dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Hasil temuan di TPS 11 dan TPS 12 Desa Sindangbarang Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat Terjadi ketidakcocokan antara C1 hologram dan lembar plano rekapitulasi dengan plano C1 di TPS 11 dan TPS 12.

Caleg DPR RI Nomor Urut 3 dari PKB Rina Saadah yang mestinya mendapat 91 suara di TPS 11, ternyata saat dibacakan PPK (Panitia Pemungutan Suara) tertulis 19 suara. Juga di TPS 12, suara Rina Saadah dan PKB yang faktanya 90 suara berubah menjadi 20 suara.

Berdasarkan perhitungan, Rina Sa`adah meraih 48,549 suara yang diikuti mengalahkan caleg incumbent Yanuar Prihatin dengan raihan 22909 suara.

Ketua Tim Pemenangan Rina Saadah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat Ahmad Syujai akan terus mengawasi perhitungan hingga selesai. Dia mengatakan, sangat mengapresiasi kinerja para relawan yang terus mengawal suara teh Rina Saadah di TPS masing-masing.

“Kami berharap para relawan mengawal suara hingga rekapitulasi tingkat Kabupaten. Kami telah mngintruksikan kepada para relawan kalau ada temuan maka langsung dilaporkan ke Tim Pemenangan Kabupaten untuk ditindaklanjuti hingga tingkat pusat,” imbuhnya.

Komisioner KPU Kabupaten Ciamis Oong Ramdani yang dikonfirmasi mengatakan, masih menunggu hasil perhitungan dari PPK kecamatan. Dia memastikan upaya terjadi pergeseran Caleg antar partai sangat kecil kemungkinan. Dan pihaknya akan berkoordinasi dengan Bawaslu jika terjadi kecurangan.

"Hingga saat ini kami belum menerima laporan terkait adanya pergeseran suara. Nanti kan ada para saksi yang akan mengungkap hasil yang sebenarnya berdasarkan perhitungan masing-masing," ujar Oong.

Sedangan komisioner KPU Kuningan, Asep Budi Hartono yang dikonfirmasi belum memberikan respon jawaban terkait dugaan pergeseran Caleg Antar Partai.

KEYWORD :

Caleg DPR PKB Rina Saadah Surat Suara Pemilu Partai




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :