Sabtu, 02/03/2024 19:33 WIB

Cek Fakta: Salah! Gegara Dukung Anies, Pool Bus Budiman Dibakar

Cek Fakta: Salah! Gegara Dukung Anies, Pool Bus Budiman Dibakar

Cek Fakta: Salah! Gegara Dukung Anies, Pool Bus Budiman Dibakar. (Foto: Cekfakta)

Jakarta, Jurnas.com - Beredar sebuah video dalam pesan berantai Whatsapp yang menampilkan insiden kebakaran pool bus Budiman di Tasikmalaya. Video tersebut disebarkan dengan klaim bahwa pool bus tersebut dibakar orang karena mendukung pasangan calon (paslon) presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

“Innalillahi wainna ilaihi roji’uun. Gara-gara mendukung Anies baswedan pul bis Budiman di bakar orang, semuanya biadab, gederang perang dan teror mulai ditabuh, akankah kalian mundur untuk mendatangi JIS dlm kampanye akhir tgl 10.2 nanti? Mari lawan dan tunjukkan kita bukan kaleng2 makin diteror makin berani…Allahuakbar 3x,” demikian kutipan narasi yang dimuat dalam video di Whatsapp tersebut.

Faktanya, berdasarkan penelusuran tim koalisi Cek Fakta, klaim tersebut tidak benar. Pool Bus Budiman di Tasikmalaya itu mengalami kebakaran pada 28 Januari 2023 lalu dikarenakan adanya korsleting listrik.

Tresno, salah seorang pegawai di lokasi kejadian, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, menuturkan bahwa bus tersebut sedang dalam kondisi terparkir dengan mesin tidak menyala. Tiba-tiba di dalam bus terlihat kepulan asap hingga akhirnya api menyala.

“Semua bagian dalamnya terbakar. Kayaknya korsleting listrik. Busnya sedang terparkir. Langsung dipadamkan dengan alat pemadam kebakaran di kantor,” jelas Tresno.

Dengan demikian, klaim yang menyebut bahwa video yang beredar terkait kebakaran pool bus Budiman di Tasikmalaya akibat dibakar orang karena mendukung paslon 01, tidak benar. Pool Bus Budiman di Tasikmalaya terbakar pada 28 Januari 2023 lalu akibat adanya korsleting listrik dan kejadian tersebut tidak ada kaitannya dengan Pemilu 2024.

KEYWORD :

Cek Fakta Anies Baswedan Bus Budiman Pemilu 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :