Sabtu, 02/03/2024 21:22 WIB

Dramatis, Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023

 Ini merupakan gelar ketiga The Elephants, setelah 1992 dan 2015

Pantai Gading sukses jadi Juara Piala Afrika 2023 (Goal)

Jakarta, Jurnas.com - Pantai Gading sukses meraih Juara Piala Afrika yang ketiga kalinya usai mengukir comeback fantastis kalahkan Nigeria lewat skor 2-1, Senin (12/2) dini hari WIB tadi.

Di final yang dilangsungkan di Alassane Ouattara Stadium semalam, Nigeria berhasil mengejutkan tuan rumah turnamen terlebih dahulu melalui gol William Troost-Ekong di menit ke-38.

Franck Kessie kemudian menyamakan skor di dua menit setelah satu jam permainan, sebelum Sebastien Haller mengunci kemenangan di menit ke-81 usai memaksimalkan assist Simon Adingra.

Kemenangan ini terasa luar biasa untuk Pantai Gading, yang di turnamen kali ini sempat kalah telak 4-0 melawan Guinea Khatulistiwa di babak grup, hingga kemudian berganti pelatih di fase gugur.

Terlepas itu, keberhasilan ini juga menjadi istimewa untuk sang pahlawan Haller, yang pada Juli 2022 didagnosis dengan kanker testis.

Untuk ke-12 kalinya dalam sejarah, negara tuan rumah menjuarai Piala Afrika, dan yang pertama sejak Mesir pada 2006. Ini merupakan gelar ketiga The Elephants, setelah 1992 dan 2015.

Pantai Gading akan mengalihkan fokusnya ke ajang kualifikasi Piala Dunia 2026, di mana mereka terundi di Grup F bersama Gabon, Kenya, Burundi, Gambia dan Seychelles.(Goal)

KEYWORD :

Piala Afrika Pantai Gading Sebastian Haller




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :