Kamis, 16/05/2024 13:09 WIB

Status Waspada Meningkat Jadi Darurat Usai Gunung Berapi Islandia Meletus Lagi

Status Waspada Meningkat Jadi Darurat Usai Gunung Berapi Islandia Meletus Lagi

Sebuah gunung berapi memuntahkan lava dan asap saat meletus di Semenanjung Reykjanes, Islandia, 8 Februari 2024. Handout via Reuters

UTARA SYLINGARFELL - Sebuah gunung berapi di barat daya Islandia meletus pada hari Kamis untuk ketiga kalinya sejak Desember, mengeluarkan lava hingga 80 meter (260 kaki) ke udara dan mengganggu kehidupan di semenanjung Reykjanes.

Air mancur dari batuan cair berwarna oranye terang dimuntahkan dari retakan di tanah dan lava melintasi jalan dekat Blue Lagoon – sebuah spa panas bumi yang mewah – yang telah ditutup pada hari Kamis karena wabah tersebut.

Aliran lahar juga menghantam pipa air berbasis panas di wilayah selatan ibu kota, mengganggu pasokan air panas untuk lebih dari 20.000 orang dan menyebabkan Badan Perlindungan Sipil menaikkan tingkat kewaspadaannya ke status darurat.

Badan ini juga meminta rumah tangga dan dunia usaha untuk menghemat listrik. Memulihkan air panas melalui pipa darurat yang sedang dibangun bisa memakan waktu berhari-hari, katanya.

Letusan gunung berapi di semenanjung Reykjanes disebut letusan fisura, yang biasanya tidak menyebabkan ledakan besar atau penyebaran abu secara signifikan ke stratosfer.

Namun, para ilmuwan khawatir hal ini akan berlanjut selama bertahun-tahun, dan pihak berwenang Islandia telah mulai membangun tanggul untuk mengalihkan aliran lava yang terbakar dari rumah dan infrastruktur penting.

Aliran lava tersebut kini hanya berjarak sekitar 1 km (0,6 mil) dari pembangkit listrik tenaga panas bumi Svartsengi di semenanjung tersebut, kata Rikke Pedersen, yang memimpin kelompok penelitian Pusat Vulkanologi Nordik yang berbasis di Reykjavik.

Tanggul pelindung telah dibangun di daerah tersebut dan para pekerja berusaha mengisi celah kecil di sepanjang jalan saat lahar mengalir. “Jadi mereka benar-benar berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah lahar mencapai pembangkit listrik,” ujarnya.

SEJARAH ERUPSI
Rekahan letusan terbaru, wabah keenam sejak tahun 2021, memiliki panjang sekitar 3 km (2 mil), kata kantor meteorologi Islandia. Aktivitas gempa hebat dimulai sekitar pukul 05.30 dan terjadi letusan sendiri 30 menit kemudian.

Kepulan asap membubung 3 km ke udara, menurut Met Office. Namun, bandara internasional Reykjavik, sekitar 20 km ke arah barat laut dari celah tersebut, tetap beroperasi seperti biasa, kata operator bandara Isavia.

Letusan sebelumnya di wilayah tersebut dimulai pada 14 Januari dan berlangsung sekitar dua hari, dengan aliran lava mencapai pinggiran kota nelayan Grindavik, yang hampir 4.000 penduduknya telah dievakuasi, dan beberapa rumah dibakar.

Letusan pada hari Kamis terjadi tidak jauh dari Grindavik dan sepertinya tidak menimbulkan ancaman langsung terhadap kota tersebut, kata ahli geofisika Islandia Ari Trausti Gudmundsson kepada Reuters.

Presiden Islandia Gudni Johannesson mengunggah gambar api dan asap di kejauhan di media sosial, dan mengatakan bahwa itu adalah pemandangan dari kediamannya.

“Seperti sebelumnya, pikiran kami tertuju pada masyarakat Grindavik yang tidak bisa tinggal di kota indah mereka. Hal ini juga akan berlalu,” tulis Johannesson.

Meskipun telah menurunkan tingkat ancaman sistem vulkanik, pihak berwenang telah memperingatkan akan terjadinya letusan lebih lanjut karena daratan di wilayah tersebut terus meningkat akibat akumulasi magma di bawah tanah.

Semenanjung Reykjanes sendiri memiliki enam sistem vulkanik aktif dan dapat mengalami letusan terus-menerus selama beberapa dekade atau bahkan berabad-abad, kata Gudmundsson.

Daerah lain di negara ini memiliki gunung berapi yang lebih kuat.
Pada tahun 2010, awan abu dari letusan Eyafjallajokull di selatan Islandia menyebar ke sebagian besar Eropa, membuat sekitar 100.000 penerbangan terhenti dan memaksa ratusan warga Islandia mengungsi dari rumah mereka.

Namun tidak seperti Eyafjallajokull, sistem gunung berapi Reykjanes tidak terperangkap di bawah gletser sehingga diperkirakan tidak akan menimbulkan awan abu berukuran serupa.

Islandia, yang kira-kira seukuran negara bagian Kentucky di AS, memiliki lebih dari 30 gunung berapi aktif, menjadikan pulau di Eropa utara ini sebagai tujuan utama wisata gunung berapi – segmen khusus yang menarik ribuan pencari sensasi.

KEYWORD :

Islandia Letusan Gunung Berapi Evakuasi Warga




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :