Senin, 26/07/2021 05:47 WIB

Apa Sih Beda Simpati dan Empati?

Seringnya banyak orang salah mengartikan makna simpati dan empati, hal ini dikarenakan kedua kata tersebut berurusan dengan emosi yang sama dan berasal dari istilah Yunani pathos (yang berkaitan dengan penderitaan dan perasaan)

Ilustrasi (Foto; Lifehack)

Jakarta - Sering banyak orang salah mengartikan makna simpati dan empati, sebagaimana yang dilansir dari lifehack, hal ini dikarenakan kedua kata tersebut berurusan dengan emosi yang sama dan berasal dari istilah Yunani pathos (yang berkaitan dengan penderitaan dan perasaan).

Ternyata meski memiliki asal bahasa yang sama. Kedua kata ini memiliki perbedaan inti, simpati menggambarkan perasan belas kasih dan sayang atas kejadian yang menimpa seseorang, sedangkan empati dapat menempatkan diri pada posisi orang tersebut dan berbagi secara langsung kesedihan mereka tersbeut.

Orang yang bersimpati bisa diartikan sebagai orang yang berbagi keprihatinan dan belasungkawa namun mereka secara terbuka mengakui bahwa mereka tidak memiliki pengetahuan langsung bagaimana perasaan mereka tentang kejadian tersbeut.

Sedangkan empati artinya satu perasaan dimana seseorang benar-benar tahu perasaan dari suatu kejadian karena ia pernah berada dalam posisi itu. Simpelnya orang yang bersimpati atas kehilangan seseorang yang dicintai, berarti ia merasa belas kasih dan prihatin atas kehilangan itu tanpa mengetahui pasti bagaimana rasanya kehilangan, sedangkan berempati berarti seseorang mengetahui perasaaan tersebut.

Perasaan simpati dan empati, keduanya merupakan hal yang penting karena dapat membuat anda menjadi seseoarng yang penuh kasih yang dapat menawarkan kenyamanan dan dukungan yang relevan pada mereka yang membutuhkan.

TAGS : Tips Simpati Empati




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :