Minggu, 12/05/2024 09:31 WIB

Pejabat Kuba Persiapkan Jawaban atas Rencana Kenaikan Harga Lima Kali Lipat

Pejabat Kuba Persiapkan Jawaban atas Rencana Kenaikan Harga Lima Kali Lipat

Grafik harga tergantung di kios daging di samping gambar mendiang pemimpin pemberontak Ernesto Che Guevara di sebuah pasar, di Havana, Kuba 23 Januari 2024. Foto: Reuters

HAVANA - Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel dan para pejabat tinggi mencoba meyakinkan negaranya bahwa kenaikan harga dan kenaikan pajak diperlukan Hal itu dikemukakan beberapa hari menjelang kenaikan harga bensin yang diperkirakan lima kali lipat, namun mengatakan lebih banyak penjelasan mungkin diperlukan.

Kuba pada akhir Desember mengumumkan serangkaian langkah, termasuk kenaikan harga bahan bakar dan transportasi umum, yang bertujuan untuk mempersempit defisit. Kritikus menggambarkan kenaikan tersebut sebagai inflasi, tidak tepat waktu dan kurangnya insentif untuk produksi dalam negeri.

Para pemimpin politik harus mempersiapkan diri untuk debat nasional ketika langkah-langkah tersebut diterapkan, kata Diaz-Canel, menurut ringkasan pertemuan Dewan Menteri baru-baru ini yang diterbitkan pada hari Senin oleh kantor presiden.

"Kita mungkin mendapati diri kita bersama kelompok buruh, dengan inti partai, yang tidak akan mengerti dan kita perlu menjelaskannya dengan baik kepada mereka," kata Diaz-Canel dalam ringkasan enam halaman pertemuan tersebut, yang menyerukan pemerintah yang dikuasai komunis untuk menghadapi segala penyimpangan dari “semangat” revolusi Fidel Castro tahun 1959.

Masyarakat Kuba, yang sudah lelah karena kelangkaan selama bertahun-tahun, tingginya harga dan antrean panjang di pompa bensin, dan bahkan karena makanan pokok seperti roti dan ayam, bersiap menghadapi penderitaan yang lebih besar lagi seiring dengan semakin dekatnya kenaikan suku bunga di bulan Februari.

Peso telah melemah hampir 5% di pasar informal tahun ini sejak kebijakan tersebut diumumkan, menjadi 285 terhadap dolar, sehingga semakin mengurangi daya beli dan memicu inflasi bahkan sebelum banyak kebijakan tersebut diberlakukan.

Menteri Perekonomian Alejandro Gil mengatakan rencana pemerintah yang diumumkan sebelumnya untuk mendapatkan kembali kendali atas peso dan pertukaran mata uang ilegal di pasar gelap telah berjalan dengan baik, dan menjanjikan solusi "tahun ini".

“Kami bekerja keras dalam hal ini karena dampaknya terhadap promosi dan stimulasi produksi,” kata Gil.

KEYWORD :

Kuba Kenaikan Harga BBM Politik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :