Jum'at, 17/05/2024 15:02 WIB

Oppenheimer Raih Penghargaan di Sundance Film Festival, Robert Downey Jr. `Ejek`Christopher Nolan

Oppenheimer Raih Penghargaan di Sundance Film Festival, Robert Downey Jr. `Ejek`Christopher Nolan 

Christopher Nolan dan Robert Downey Jr. di Gala Malam Pembukaan Festival Film Sundance di Park City, Utah, pada 18 Januari 2024. (FOTO: STEPHEN LOVEKIN/SHUTTERSTOCK)

JAKARTA - Oppenheimer raih penghargaan di Sundance Film Festival, Robert Downey Jr. justru mengejek sang sutradara, Christopher Nolan.

Pada hari Kamis (18/1/2024), Robert Downey Jr. menghadiahkan sutradara Oppenheimer-nya Penghargaan Sundance Institute Trailblazer perdana di Sundance Film Festival, pada acara Gala Malam Pembukaan di Park City, Utah.

Saat memberikan penghargaan kepada Christopher Nolan, Robert Downey Jr. (58) bercanda bahwa kesuksesan besar Oppenheimer memiliki dampak yang tidak diinginkan pada "auteur yang penuh teka-teki", karena hal itu membuatnya lebih dikenal oleh masyarakat umum.

"Dia perlu semangatnya ditingkatkan - dia agak sedih karena tragedi mengerikan menimpanya," Robert Downey Jr. menyindir Christopher Nolan, bercanda tentang sutradara berusia 53 tahun itu, "Saya tidak bermaksud mengungkit hal ini, saya tahu itu sangat pribadi, tapi dia sudah dikenal di jalan."

Terus mengolok-olok karakter Christopher Nolan yang pendiam, Robert Downey Jr. berkata, "Kami menjadi sangat dekat, seperti kami pernah makan malam di lokasi sekali."

Aktor tersebut melanjutkan dengan menceritakan bahwa Christopher Nolan pernah bertanya kepadanya apakah "kematian dengan cara menipu" itu mungkin.

"Selama musim sosial yang sangat liar ini setelah reaksi global yang menggema terhadap fenomena Oppenheimer, Chris dan saya berbagi momen pertanyaan eksistensial yang rentan. Dia meletakkan tangannya di bahu saya, menjadi sedikit berkabut dan berbisik, `Saya mulai bertanya-tanya, apakah mungkin... kematian karena tipu muslihat,`" Christopher Downey Jr. berbagi dengan nada diam yang mengejek dan serius.

Sementara itu, setelah menerima penghargaan tersebut, Christopher Nolan dengan manis memuji istrinya, produser Emma Thomas, dengan mengatakan bahwa dia "memproduseri semua film saya dan semua anak saya."

Pasangan ini menikah pada tahun 1997 dan memiliki empat anak: Flora, Magnus, Oliver dan Rory.

Christopher Nolan, yang film blockbuster musim panasnya, Oppenheimer, kini menjadi film biografi terlaris sepanjang masa, mendapat pujian di Sundance lebih dari dua dekade lalu ketika film keduanya, Memento, diputar di festival tersebut pada tahun 2001. Ia merujuk kesuksesan awal itu dalam pidatonya di hari Kamis (18/1/2024).

“Pengalaman yang Anda dapatkan di sini [di Sundance] sebagai pembuat film sangatlah unik,” katanya.

“Anda membawanya sepanjang karier Anda, dan saya sangat bersyukur atas pengalaman yang saya alami di sini 23 tahun lalu (bersama Memento) dan untuk mendapatkan penghargaan ini malam ini.”

Penghargaan Trailblazer Sundance dimaksudkan untuk mengakui "dedikasi tak tergoyahkan seorang seniman dan kontribusi penting pada bidang film independen," menurut rilisnya.

“Mempersembahkan Memento di Sundance Film Festival menandai momen penting dalam karier saya,” kata Christopher Nolan dalam pernyataannya pada 1 November 2023.

“Penghargaan ini adalah momen penuh dan bukti pengaruh luar biasa dari pembuatan film independen.”

Saat memberikan penghargaan kepada Christopher Nolan pada hari Kamis, Robert Downey Jr. berkata, "Seorang perintis berkelana ke tempat yang belum pernah dilalui orang lain, dan sulit untuk diikuti," sambil bercanda, "Ini membuatnya senang — kemungkinan besar tidak harus bertemu siapa pun di sepanjang jalan di depannya sama sekali. Selamanya."

Penghargaan tersebut hanyalah yang terbaru bagi Christopher Nolan dalam beberapa pekan terakhir, setelah pembuat film kelahiran London itu membawa pulang sutradara terbaik untuk Oppenheimer di Golden Globe Awards dan Critics Choice Awards awal bulan ini.

Robert Downey Jr. juga mendapatkan penghargaan di kedua upacara tersebut, untuk aktor pendukung terbaik dalam film tentang bapak bom atom J. Robert Oppenheimer, yang diperankan oleh Cillian Murphy.

Selama pidato penerimaannya di Globes pada 7 Januari, Christopher Nolan mengenang tahun di mana filmnya tahun 2008, The Dark Knight, mendapat penghargaan, "Satu-satunya saat saya pernah berada di panggung ini sebelumnya adalah menerima salah satu penghargaan ini atas nama kami, sahabatku, mendiang Heath Ledger, dan itu rumit dan menantang bagi saya."

"Dan di tengah pembicaraan, saya melihat ke arah Robert Downey Jr., (yang) menarik perhatian saya dan memberi saya tatapan dukungan. Pandangan yang sama (dia) berikan kepada saya sekarang - cinta dan dukungan yang sama yang sering dia tunjukkan orang-orang di komunitas Anda selama bertahun-tahun," tambah Christopher Nolan.

Kekaguman dan rasa hormat saling menguntungkan, karena Robert Downey Jr. baru-baru ini merefleksikan pengaruh Christopher Nolan pada karyanya setelah film Dolittle tahun 2020 yang mendapat ulasan buruk, setelah ia sekian lama tidak lagi berperan sebagai Tony Stark/Iron Man di Marvel Cinematic Universe.

"Mereka bilang kalau muridnya sudah siap, Christopher Nolan akan datang," kata Robert Downey Jr. pada episode 11 Januari 2024 dari Rob Lowe `s Literally! podcast.

"Maksudku, gurunya akan datang. Dan itulah yang terjadi." (*)

KEYWORD :

Seputar Film Oppenheimer Robert Downey Jr. Christopher Nolan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :