Jum'at, 17/05/2024 11:58 WIB

THN AMIN Desak Aparat Usut Pengeroyokan Relawan GAMA

Tim Hukum Nasional (THN) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mendesak aparat mengusut tuntas kasus pengeroyokan terhadap relawan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (GAMA)

Ilustrasi garis polisi (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Tim Hukum Nasional (THN) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mendesak aparat mengusut tuntas kasus pengeroyokan terhadap relawan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (GAMA) di Boyolali, Jawa Tengah.

Direktur Eksekutif THN AMIN, Zuhad Aji Firmantoro mengatakan, di tengah masa kampanye saat ini, diperlukan tindakan cepat, tegas, dan transparan terhadap segala bentuk pelanggaran hukum.

Menurut Zuhad, apapun alasannya, tindakan penganiayaan di Boyolali tersebut tidak dapat dibenarkan. Terlebih, kejadian itu terjadi di masa kampanye dan melibatkan oknum aparatur negara.

"Kami turut prihatin dengan kejadian ini dan menyampaikan bela sungkawa kepada para korban. Karenanya kami berharap kasus ini bisa segera diproses pihak yang berwenang dengan transparan, demi situasi pemilu yang kondusif," kata Zuhad pada Selasa (2/1) kemarin.

Apabila kasus-kasus semacam ini tidak segera ditangani, lanjut Zuhad, dikhawatirkan bakal memicu konflik berulang atau bahkan menjadi meluas. Karenanya, penanganan kasus ini harus dilakukan dengan transparan.

Zuhad menambahkan, mendekati masa pemungutan suara, diperlukan komitmen semua pihak untuk menjaga pemilu ini berjalan dengan aman dan damai.

"Mari kita bersama-sama mewujudkan pemilu demokratis dengan menjaga proses pemilu ini berjalan dengan baik, aman, dan damai," ujar dia.

Zuhad juga meminta aparat keamanan dan penyelenggara pemilu untuk memberi perhatian khusus pada daerah-daerah yang rawan terjadi konflik antarpendukung paslon, terutama di daerah dengan kantong suara besar dan memiliki potensi perebutan suara yang kuat.

"Kami juga tak akan berhenti menyerukan pentingnya netralitas aparat penegak hukum dan penyelenggara pemilu, demi terwujudnya harmoni dan pemilu yang damai," tutup Zuhad.

KEYWORD :

Pengeroyokan Relawan AMIN Tim Hukum Nasional GAMA




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :