Jum'at, 17/05/2024 13:35 WIB

Chiellini Gantung Sepatu, Terima Kasih "Giorgio"!

Chiellini Gantung Sepatu, Terima Kasih

Giorgio Chiellini (Foto: Daily Star)

Turin, Jurnas.com - Giorgio Chiellini mengumumkan keputusan pentingnya di sepak bola. Bek legendaris Italia itu memutuskan berhenti merumput alias pensiun pada usia 39 tahun.

Dikenal sebagai bek tanggung pada zamannya, Chiellini menghabiskan 23 tahun karir profesionalnya malang melintang di berbagai klub besar. Dua tahun terakhir, dia memperkuat tim MLS, Los Angeles FC, mencatatkan 45 penampilan dan memenangkan Piala MLS dan Perisai Suporter pada 2022.

"Kalian menjadi perjalanan paling indah dan intens dalam hidupku. Kalian telah menjadi segalanya bagiku. Bersamamu aku telah menempuh jalan yang unik dan tak terlupakan," tulis Chiellini di akun Twitternya pada Selasa (12/12) malam.

"Tetapi sekarang adalah waktunya untuk memulai babak baru, menghadapi tantangan baru dan menulis halaman kehidupan yang lebih penting dan menarik," sambung mantan bek Juventus.

Dikutip dari Sports Mole pada Rabu (13/12), pesepak bola kelahiran Pisa ini memulai karirnya bersama Livorno pada 2000 silam dan membuat 62 penampilan selama empat tahun sebelum bergabung dengan Juventus. Namun, belum sempat bermain untuk Juve, dia dipinjamkan ke Fiorentina pada musim 2004-2005.

Dia kemudian membuktikan dirinya sebagai andalan Juventus dan mendapatkan status legendaris bersama Si Nyonya Tua selama periode 18 tahun, membuat total 561 penampilan di semua kompetisi.

Chiellini adalah bagian integral dari tim Juve yang memenangkan sembilan gelar Serie A, satu gelar Serie B, lima Coppa Italia, lima Supercoppa Italiana serta mencapai dua final Liga Champions pada tahun 2015 dan 2017.

Mantan pemain nomor 3 Juve ini dinobatkan sebagai Bek Terbaik Serie A sebanyak tiga kali, dan tampil dalam Tim Terbaik Serie A sebanyak lima kali. Dia juga masuk dalam Skuad Terbaik Liga Champions Musim Ini sebanyak dua kali.

Chiellini menikmati banyak kesuksesan di tingkat internasional bersama Italia, ketika ia menjadi kapten Gli Azzurri menuju kejayaan Euro 2020, mengalahkan Inggris di final melalui adu penalti delapan tahun setelah kalah dari Spanyol pada 2012.

Bek berkaki kiri ini mewakili Italia antara 2004 dan 2022 dan merupakan pemain kelima dengan penampilan terbanyak sepanjang masa bersama Danielle De Rossi (117).

KEYWORD :

Giorgio Chiellini Pemain Pensiun Juventus




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :