Selasa, 05/03/2024 04:38 WIB

Robot Bedah Magnetik Memulai Debut Internasionalnya di Rumah Sakit Chile

Robot Bedah Magnetik Memulai Debut Internasionalnya di Rumah Sakit Chile

Ahli bedah menggunakan lengan robot bedah magnetis, selama operasi di rumah sakit umum, di Santiago, Chili, 4 Desember 2023. Foto: Reuters

SANTIAGO - Sebuah robot yang menggunakan magnet kuat untuk melakukan operasi yang tidak terlalu invasif dan lebih efisien menyelesaikan prosedur internasional pertamanya, pengangkatan kandung empedu, di sebuah rumah sakit umum di Chile minggu ini, menurut perusahaan yang mengembangkan teknologi tersebut.

Platform bedah MARS di rumah sakit Luis Tisne di Santiago memungkinkan ahli bedah untuk "memasang magnet kecil ke organ, seperti hati, dan menggunakan lengan robot dengan magnet bertenaga tinggi di perut pasien untuk memanipulasi organ agar tidak mengganggu," menurut Levita Magnetics, perusahaan rintisan berbasis di California yang menciptakan robot.

Sistem ini juga "memberikan ahli bedah kendali atas kamera, yang memungkinkan visualisasi lebih baik, dan jauh lebih stabil. Dan dalam pembedahan, melihat adalah segalanya," kata Alberto Rodriguez-Navarro, dokter dan pendiri Levita Magnetics, yang berbasis di California. start-up yang mengembangkan platform MARS.

“Ini lebih baik bagi pasien, dengan lebih sedikit sayatan dan lebih sedikit rasa sakit, pemulihan lebih cepat,” kata Rodriguez-Navarro kepada Reuters setelah operasi.

“Bagi ahli bedah, ini lebih baik karena memungkinkan dia menjadi lebih efisien dan, untuk sistem, memungkinkan lebih banyak operasi dilakukan setiap hari.”

Platform ini disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS pada bulan September dan melakukan operasi komersial pertamanya di Klinik Cleveland di Ohio pada bulan Oktober.

KEYWORD :

Robot Bedah Magnetik Chile




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :