Selasa, 05/03/2024 03:56 WIB

Besok, Bangunan Baru Stasiun Manggarai dan Skybridge Bojonggede Dioperasikan

Akses keluar masuk di Stasiun Manggarai dari sisi timur seluruhnya akan melalui bangunan baru ini. 

Stasiun Manggarai, Jakarta. Foto: dok. jurnas

JAKARTA, Jurnas.com - KAI Commuter mulai mengoperasikan bangunan gedung sisi timur dan gedung sebelah kiri Stasiun Manggarai mulai Sabtu, (9/12/2023) esok.

“Dengan demikian, akses keluar masuk di Stasiun Manggarai dari sisi timur seluruhnya akan melalui bangunan baru ini. Akses keluar masuk yang sebelumnya pada sisi timur Stasiun Manggarai akan ditutup untuk dilakukan proses pembangunan stasiun berikutnya,” kata Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Jumat (8/12/2023).

Alur pengguna yang akan menggunakan Commuter Line di Stasiun Manggarai dari sisi timur, harus naik terlebih dahulu ke lantai 1 stasiun untuk menuju peron keberangkatan Commuter Line seperti yang berlaku sekarang ini.

Peron 6, 7, dan 8 untuk menggunakan Commuter Line Cikarang. Sedangkan untuk menggunakan Commuter Line Bogor peron 10,11,12, dan 13.

Pada area bangunan baru sisi timur dan wing kiri ini disiapkan tambahan fasilitas-fasilitas layanan seperti eskalotor dan lift serta loket penjualanan tiket. Dengan area yang cukup luas KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak 9 gate elektronik untuk proses tap masuk dan tap keluar pengguna Commuter Line.

 

Skybridge Stasiun Bojonggede

Selain di Stasiun Manggarai, Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) melakukan uji coba penggunaan skybridge yang menghubungkan Stasiun Bojong Gede dengan Terminal Angkutan Umum Bojonggede.

Skybridge Bojonggede ini juga merupakan akses keluar masuk menuju Stasiun Bojonggede sisi barat dari arah Terminal Bojonggede,” kata Anne.

Pengoperasian skybridge ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan jalan raya yang berada di kawasan Stasiun dan menjadi fasilitas integrasi antar moda yang mudah dan praktis. Terdapat pula eskalator sebagai fasilitas di Skybridge Bojonggede ini.

Dengan pengoperasian skybridge ini, akses keluar masuk pengguna Commuter Line dari arah sisi selatan atau dari arah Jl. Raya Bojonggede akan ditutup mulai Jumat, (8/12/2023) dan seluruhnya dialihkan menggunakan Skybridge Bojonggede dari arah terminal Bojonggede.

KEYWORD :

Stasiun Manggarai Skybridge Bojonggede Commuter Line KRL




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :