Selasa, 05/03/2024 05:05 WIB

15 Politeknik Dapat Hibah Panel Listrik dari Industri

Pemberian hibah ini merupakan salah satu upaya memperluas kemitraan vokasi dan industri.

Penyerahan hibah panel listrik untuk 15 politenik (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Sebanyak 15 politeknik memperoleh hibah panel hubung bagi tegangan menengah (PHB-TM) dari PT Schneider Indonesia pada Selasa (5/12) kemarin. Pemberian hibah ini merupakan salah satu upaya memperluas kemitraan vokasi dan industri.

Penyerahan hibah ini dilakukan bersamaan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan 15 politeknik dan satu institut sebagai penerima hibah di Gedung Schneider Jakarta, dan disaksikan oleh Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Ditjen Pendidikan Vokasi, Kemdikbudristek.

Plt. Direktur Mitras DUDI Kemdikbudristek, Uuf Brajawidagda berharap agar panel listrik yang dihibahkan dapat dimanfaatkan dengan baik sebagai media pembelajaran mahasiswa kelistrikan.

Lebih lanjut, Uuf juga menginginkan agar sinergi yang terjalin dapat terus berlanjut untuk mendukung pendidikan vokasi di Indonesia.

"Kolaborasi kita lakukan untuk anak-anak kita. Semoga alat ini dapat dimanfaatkan dengan baik, dan interaksi Schneider dan Pendidikan vokasi dapat terus berlanjut," terang Uuf.

Dalam kesempatan yang sama, Power Systems Business Vice President PT Schneider Indonesia, Surya Fitri menyatakan komitmen PT Schneider Indonesia untuk mencetak generasi yang kompeten.

Dia berharap, alat yang diberikan dapat dimanfaatkan secara langsung untuk merealisasikan pengetahuan teori yang diajarkan di politeknik.

"Saya berharap apa yang kami hibahkan dapat bermanfaat dan digunakan secara langsung dan bisa merealisasikan pengetahuan teori di pendidikan politeknik, sehingga bisa menjadi alat praktikum untuk menjelaskan teori yang ada dengan realisasinya," kata Surya.

Merujuk data World Economic Forum Future of Jobs 2023, terdapat 1,6 juta lowongan pekerjaan yang tersedia untuk electrotechnology engineers dalam lima tahun ke depan.

Hal ini menujukkan bahwa sektor industri kelistrikan menjadi salah satu sektor yang menjanjikan dalam menciptakan peluang kerja di masa depan. Adapun alat panel listrik yang dihibahkan adalah berupa alat RM 6 dan PIX 12.

KEYWORD :

Mitras Dudi Kemdikbudristek Panel Listrik Uuf Brajawidagda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :