Kamis, 09/05/2024 12:29 WIB

Penambahan 19 Kursi DPR Baru Simulasi

Zainudin mengaku setuju penambahan 19 kursi DPR jika nantinya sudah melalui kajian menyeluruh

Ilustrasi Paripurna DPR

Jakarta - Ketua komisi II DPR Zainudin Amali mengatakan penambahan 19 kursi anggota DPR sebatas wacana percobaan. Menurutnya, DPR dan pemerintah belum memastikan persetujuannya.

"Penambahan 19 (kursi DPR) itu adalah simulasi di Panja antara pihak pemerintah & anggota Panja," ujar Zainudin saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (15/4/2017).

Sebagai wacana, Zainudin menjelaskan perllu kajian yang menyeluruh. Kendati demikian, Zainudin menyatakan setuju jika wacana tersebut nantinya direalisasikan. "Kalau sudah diperhitungkan segala sesuatunya saya pasti setuju dan mendukung penambahan kursi tersebut. Yang penting, ada alasan rasional yang kuat sehingga daerah-daerah yang mendapatkan tambahan alokasi kursi itu harus dapat," ungkapnya. 

Zainudin pansus DPR yang membahas hal itu wajib menjelaskan landasan masalahnya kepada publik. "Sebab publik pasti bertanya alasan-2 penambahan itu. Teman-teman di Pansus harus bisa memberikan penjesannya tentamg dasar pertimbangan penambahan kursi tersebut," jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Pansus pemilu di DPR Benny K Harman menyampaikan adanya kemungkinan penambahan jumlah 19 kursi DPR dari 560 kursi. Penambahan nantinya akan disesuaikan dengan cakupan luas wilayah serta munculnya daerah pemekaran baru.

KEYWORD :

Komisi II Zainudin Amali Kursi DPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :