Senin, 04/03/2024 02:56 WIB

DPR Kawal Kesiapan Pemerintah Hadapi Natal dan Tahun Baru 2024

Pemerintah melalui koordinasi bersama TNI dan Polri agar dapat menciptakan situasi yang kondusif, aman dan tentram bagi masyarakat saat merayakan hari natal dan tahun baru.

Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri Sidang Tahunan MPR dengan mengenakan pakaian adat Dayak, Kalimatan Barat. (Foto: Humas DPR)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkap sejumlah isu yang menjadi perhatian khusus DPR RI dalam melakukan fungsi pengawasan.

Menurut dia, isu-isu tersebut merupakan berbagai persoalan yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Antara lain soal kenaikan bahan makanan pokok serta tingginya harga dan kelangkaan pupuk yang dapat berdampak negatif pada daya beli masyarakat, kebijakan harga patokan ikan yang terlalu tinggi dibanding harga asli di lapangan, serta ketersediaan listrik, terutama di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Kemudian soal praktik penambangan ilegal di wilayah Papua Barat yang berada pada kawasan hutan lindung, infrastruktur serta sarana-prasarana pada daerah yang masih mengalami kekurangan dalam sistem jaringan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), dan terkait Netralitas Aparat Negara pada Pemilu.

“Pemerintah melalui berbagai upaya agar dapat mengendalikan harga kebutuhan pokok menjelang tahun baru,” ujar Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (5/12).

“DPR RI melalui Alat Kelengkapan Dewan telah melakukan rapat-rapat bersama mitra kerja untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut dalam rangka melindungi rakyat, memajukan kesejahteraan rakyat, serta menjalankan prinsip check and balances terhadap pemerintahan,” imbuhnya.

Puan menyebutkan, DPR juga akan mengawal kesiapan Pemerintah dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru 2024.

“Pemerintah melalui koordinasi bersama TNI dan Polri agar dapat menciptakan situasi yang kondusif, aman dan tentram bagi masyarakat saat merayakan hari natal dan tahun baru,” pesan Puan.

Sidang paripurna kali ini juga menyetujui calon Anggota Badan Supervisi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) periode 2023-2028 dan calon Anggota Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Periode 2023—2026.

Dalam  masa persidangan II tahun sidang 2023-2024, DPR pun telah memberikan persetujuan mengenai pemberhentian Panglima TNI dan pengangkatan Calon Panglima TNI, serta Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Negara Sahabat untuk Indonesia.

Selain itu, DPR telah menyelesaikan proses pembahasan dalam pemberian pertimbangan pewarganegaraan terhadap 2 atlet yang akan mendukung Tim Nasional Indonesia di Piala Asia 2023. DPR menyetujui pemberian kewarganegaraan RI kepada pemain timnas Jay Noah Idzes dan Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On.

Untuk diplomasi parlemen, Puan menyatakan delegasi DPR RI telah menghadiri berbagai sidang dalam rangkaian penguatan diplomasi untuk mengembangkan peran parlemen di kancah global.

DPR sebagai tuan rumah juga telah sukses menyelenggarakan pertemuan Ketua Parlemen Negara MIKTA yang terdiri dari Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia pada tanggal 20 November 2023.

“Sidang dengan tema ‘Strengthen Multilateralism, Addressing Intergenerational Challenges’ telah memberi kesempatan kepada Indonesia sebagai tuan rumah untuk meningkatkan peluang dan kerja sama konkret antarnegara anggota MIKTA,” terangnya.

Selain kegiatan multilateral, parlemen Indonesia juga melakukan pertemuan bilateral melalui kunjungan duta besar dan delegasi negara seperti Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Australia, serta Italia. Peran diplomasi DPR diharapkan dapat memperkuat posisi politik luar negeri RI bagi kepentingan nasional.

 

KEYWORD :

Ketua DPR Puan Maharani PDIP pengawasan rapat paripurna Natal Tahun Baru 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :