Selasa, 05/03/2024 05:11 WIB

Shane MacGowan, Vokalis The Pogues Asal Irlandia Meninggal Dunia

Shane MacGowan, Vokalis The Pogues Asal Irlandia Meninggal Dunia

Shane MacGowan, Vokalis The Pogues Asal Irlandia Meninggal Dunia. (FOTO: DAVE BENETT/GETTY IMAGE)

JAKARTA - Shane MacGowan, vokalis band The Pogues meninggal dunia di usia 65 tahun.

Berita duka tersebut diinformasikan dari istri Shane MacGowan, Victoria Mary Clarke dalam postingan Instagram yang menyentuh pada hari Kamis (30/11/2023).

Penyanyi-penulis lagu Irlandia – paling dikenal sebagai vokalis The Pogues, penyanyi favorit liburan, “Fairytale of New York” – baru-baru ini dirawat di rumah sakit setelah didiagnosis menderita ensefalitis.

Dalam postingannya, janda Shane MacGowan mengenang mendiang suaminya sebagai seseorang "yang akan selalu menjadi cahaya yang saya pegang di hadapan saya dan ukuran impian saya dan cinta dalam hidup saya dan jiwa terindah dan malaikat rupawan serta matahari dan bulan, dan awal dan akhir dari segala sesuatu yang aku sayangi".

"Saya tidak tahu bagaimana mengatakannya, jadi saya hanya akan mengatakannya," kata Clarke. Shane...telah pergi bersama Yesus dan Maria serta ibunya yang cantik, Therese."

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa dia "diberkati melebihi kata-kata" karena telah bertemu Shane MacGowan "dan telah mencintainya dan telah dicintai tanpa henti dan tanpa syarat olehnya dan telah menjalani bertahun-tahun kehidupan, cinta, kegembiraan, dan kesenangan dan tawa dan begitu banyak petualangan."

“Tidak ada cara untuk menggambarkan kehilangan yang saya rasakan dan kerinduan untuk satu lagi senyumannya yang menerangi dunia saya,” tulis Clarke.

“Terima kasih terima kasih terima kasih terima kasih atas kehadiran Anda di dunia yang Anda buat ini. sangat cerah dan Anda memberikan begitu banyak kegembiraan kepada banyak orang dengan hati dan jiwa serta musik Anda. Kamu akan hidup di hatiku selamanya."

“Rave on in the garden all wet with rain that you so love,” dia menutup pesannya. "Kau sangat berarti bagiku."

Clarke (57) telah mendampingi Shane MacGowan selama lebih dari tiga dekade, meskipun mereka baru menikah pada tahun 2018.

Dalam beberapa bulan terakhir, jurnalis Irlandia tersebut membagikan kabar terbaru tentang kesehatan suaminya yang semakin memburuk. Dia didiagnosis menderita ensefalitis, suatu kondisi yang tidak biasa dan berpotensi mengancam nyawa yang menyebabkan otak membengkak, pada Desember 2022, menurut Sky News.

Pada bulan November lalu, Clarke meminta “cinta dan doa” dari penggemarnya untuk suaminya saat dia berjuang melawan kondisi tersebut dari tempat tidur ICU di rumah sakit.

Beberapa hari sebelumnya, dia kembali membagikan kabar memilukan melalui Instagram.

Dia memposting: “Cinta ?? adalah hal terindah dan terkuat yang bisa kita alami sebagai manusia tapi cinta juga bisa terasa menyakitkan terutama jika kamu takut kehilangan seseorang atau apapun yang kamu cintai.”

Sejak tahun 2015, Shane MacGowan harus menggunakan kursi roda setelah tulang panggulnya patah karena terjatuh, menurut surat kabar Inggris The Independent.

Bintang tersebut berjuang melawan kecanduan obat-obatan dan alkohol selama bertahun-tahun, tetapi pada tahun 2016, istrinya mengklaim bahwa dia sadar `untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun`, menurut outlet tersebut.

Clarke mengatakan bahwa ketenangannya muncul setelah dia menderita pneumonia, yang memerlukan “detoksifikasi total”.

Lahir pada bulan Desember 1957 dari orangtua imigran Irlandia di Inggris, Shane MacGowan menghabiskan musim panas masa kanak-kanaknya di daerah Tipperary di Irlandia, menurut Rolling Stone.

Menurut publikasi tersebut, dia adalah “anak nakal dengan kecerdasan dewasa sebelum waktunya.” Dia memenangkan beasiswa ke Westminster School yang bergengsi di London, tetapi dikeluarkan karena mengedarkan narkoba kepada sesama siswa.

Sebelum bergabung dengan The Pogues bersama Spider Stacy, James Fearnley, Andrew Ranken, Cait O`Riordan dan Jem Finer pada tahun 1982, ia tampil dengan nama samaran Shane O`Hooligan dan merupakan pemain tetap di kancah punk London.

Dibentuk pada tahun 1987 bersama sesama vokalis Irlandia Kirsty MacColl, hit terbesar dan paling bertahan lama The Pogues adalah “Fairytale of New York,” yang masih menjadi soundtrack pesta liburan.

Lagu tersebut muncul di album band If I Should Fall From Grace With God, yang mereka tindak lanjuti dengan dua piringan hitam lagi.

Namun, karena tidak dapat diandalkan dan masalah substansi yang terus berlanjut, Shane MacGowan dipecat dari The Pogues pada tahun 1991.

Mereka bubar pada tahun 1996 sebelum kembali pada tahun 2001, tetapi akhirnya berhenti pada tahun 2015 dengan MacGowan mengklaim dalam sebuah wawancara dengan Vice bahwa hubungannya dengan rekan bandnya lebih baik ketika mereka tidak bekerja sama.

Shane MacGowan mengatakan kepada publikasi tersebut, “Saya sama sekali tidak membenci band ini — mereka adalah teman. Saya sangat menyukai mereka. Kami berteman selama bertahun-tahun sebelum kami bergabung dengan band. Kami hanya sedikit muak satu sama lain.”

Dia melanjutkan, “Kami berteman selama kami tidak melakukan tur bersama. Saya telah melakukan banyak tur. Aku sudah muak.”

Terlepas dari kekurangannya, Shane MacGowan diakui sebagai “master” oleh Bruce Springsteen.

Saat tampil di The Late Late Show di Irlandia pada tahun 2020, dia berkata, “Dialah orangnya, Anda tahu? Saya sangat yakin bahwa 100 tahun yang lalu dari sekarang, sebagian besar dari kita akan dilupakan. Tapi saya yakin musik Shane akan dikenang dan dinyanyikan. Itu hanya sifat alaminya saja. Dia adalah master bagiku. Saya sangat, sangat mengapresiasi pekerjaannya dan pekerjaan yang dia lakukan bersama The Pogues”. (*)

KEYWORD :

Seputar Musik Kabar Artis Shane MacGowan The Pogues Irlandia meninggal dunia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :