Selasa, 05/03/2024 03:53 WIB

Wasit VAR Perampok Kemenangan Newcastle Dicoret UEFA

Wasit VAR Perampok Kemenangan Newcastle Dicoret UEFA

Wasit VAR PSG vs Newcastle United, Tomasz Kwiatkowski (Foto: Daily Mail/UEFA/Getty Images)

Paris, Jurnas.com - Tomasz Kwiatkowski, ofisial video asisten wasit (VAR) yang berada di balik monitor dalam laga Paris Saint-Germain (PSG) vs Newcastle United, dicoret oleh UEFA usai memberikan penalti kontroversial untuk tim tuan rumah.

Kwiatkowski seharusnya kembali bertugas di meja VAR untuk pertandingan Real Sociedad vs ReRB Salzburg, namun UEFA menggantikannya dengan Marco Fritz.

"Kwiatkowski disalahkan karena dia hanya menunjukkan sudut tunggal kepada (Szymon) Marciniak, dari samping dan dalam gerakan lambat, yang tampaknya memberatkan Livramento," demikian laporan Daily Mail pada Rabu (29/11).

Sementara itu penonton di layar kaca diperlihatkan sejumlah sudut lain, termasuk satu tayangan ulang dari belakang gawang yang menunjukkan bahwa handsball Tino Livramento seharusnya tidak diganjar penalti.

Hasil imbang membuat peluang Newcastle lolos ke babak 16 besar Liga Champions kian menipis. Padahal, dalam laga itu, tim asuhan Eddie Howe unggul 1-0 selama 90 menit pertandingan.

Diketahui, Marciniak dan Kwiatkowski adalah dua ofisial pertandingan yang paling dihormati di dunia. Kedua wasit asal Polandia itu pernah bekerja sama sebagai wasit dan VAR pada final Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Prancis.

Namun penalti yang kedua wasit ini berikan kepada PSG di penghujung pertandingan, bertentangan dengan pedoman yang diberikan PGMOL kepada para ofisial pada awal musim ini.

Dewan Sepak Bola UEFA di Swiss pada April lalu menghasilkan sejumlah rekomendasi, salah satunya, wasit dilarang memberikan pelanggaran handsball apabila bole dibelokkan oleh tubuh pemain lalu mengenai tangan, atau ketika bola tidak mengarah ke gawang.

KEYWORD :

Wasit VAR Tomasz Kwiatkowski Szymon Marciniak Liga Champions PSG vs Newcastle




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :