Selasa, 05/03/2024 04:45 WIB

Tayang 1 Desember 2023, Simak Trailer Kedua Godzilla Minus One Raja Para Monster!

Tayang 1 Desember 2023, Simak Trailer Kedua Godzilla Minus One Raja Para Monster!

Tayang 1 Desember 2023, Simak Trailer Kedua Godzilla Minus One Raja Para Monster! (FOTO: LEGENDARY PICTURES)

JAKARTA - Tayang 1 Desember 2023, Simak Trailer Kedua Godzilla Minus One Raja Para Monster!

Meski bukan satu-satunya film monster yang ada, mungkin tidak ada sosok yang lebih ikonik selain Godzilla. Entah Anda hanya menonton salah satu dari banyak filmnya atau semuanya, sosok yang menjulang tinggi ini telah lama membayangi lintasan sinema itu sendiri.

Monster berskala epik dengan napas atom yang dia keluarkan ke dunia, dia memiliki pemerintahan terlama yang pernah ditampilkan di layar.

Film terbarunya, Godzilla Minus One, menampilkan sutradara Takashi Yamazaki yang membawa Raja Para Monster kembali ke akarnya dan menawarinya kesempatan untuk mencapai level baru.

Meski selalu menjadi kekuatan destruktif, film ini adalah film yang memperlihatkan dirinya dilepaskan dengan cara baru.

Tidak ada seorang pun dan tidak seorang pun yang aman dari kekuatan destruktifnya saat ia menjadi dirinya sendiri yang menghabiskan banyak waktu dalam salah satu karakter paling mendebarkan dalam ingatan baru-baru ini.

Hal ini tidak mengurangi beberapa upaya baru-baru ini, karena serial yang sangat menarik Monarch: Legacy of Monsters dan film spektakuler Shin Godzilla terasa menyegarkan.

Bahkan, Godzilla Minus One serasa ada di tengah-tengah keduanya, baik secara tematik maupun kualitas. Ini lebih baik daripada Monarch: Legacy of Monsters karena tidak terlalu terjebak dalam perkembangan narasi yang kikuk dan tidak mencapai level seperti Shin Godzilla.

Film ini berakhir dengan tontonan yang lebih luas dan aksi yang menegangkan dan juga mengarah ke tema-tema yang lebih rumit ketika film tersebut bergulat dengan kehancuran besar akibat perang.

Apakah Anda ingin membacanya sebagai metafora untuk kehilangan yang sangat besar atau sekadar terhanyut dalam sensasi sebagai film monster yang solid, Godzilla Minus One hampir tidak pernah membuat langkah yang salah, meskipun ini adalah langkah besar yang sedang dikerjakannya.

Raja monster benar-benar telah kembali.

Tentang Apa `Godzilla Minus One` Itu?

Dikutip dari Collider, pertama kali dijemput pada tahun 1945 di Jepang pada akhir Perang Dunia II, ini semua dimulai dengan K?ichi Shikishima (Ryunosuke Kamiki) muda yang bermasalah, yang merupakan seorang pilot yang melakukan apa yang dia katakan sebagai pendaratan darurat.

Tentu saja, setelah melakukan hal tersebut, dia menemukan bahwa ada makhluk di pulau ini yang segera menyerang dia dan para prajurit di sana.

Makhluk yang lebih mirip dinosaurus ini pada awalnya cukup kecil, setidaknya dibandingkan dengan apa yang kita harapkan dari Godzilla biasanya, namun pihak militer masih belum bisa menandinginya saat ia melahap mereka.

Ini adalah awal yang sedikit goyah, karena desain awal makhluk ini terasa sedikit terlalu mengingatkan pada elemen film Amerika tahun 1988 yang membawa bencana, tetapi masih jauh lebih baik karena komitmen terhadap efek yang hanya akan tumbuh lebih konsisten luar biasa sepanjang film.

Dalam pembukaan ini, semua orang terbunuh, kecuali Shikishima dan mekanik utama, S?saku Tachibana (Munetaka Aoki), yang kemudian harus mencoba membangun kembali kehidupan mereka selama beberapa tahun ke depan setelah Tokyo pascaperang.

Hal yang sering kali sudah mengerikan menjadi lebih buruk ketika Amerika Serikat melakukan uji coba nuklir yang mengubah makhluk ini menjadi Godzilla raksasa, sehingga rakyat Jepang harus bersatu melawan monster tersebut atau akan dilenyapkan selamanya.

Walaupun banyak bercerita tentang sejarah dan kekalahan dalam perang, hal ini lebih didasarkan pada manusia dan bukan pada betapa hebatnya pemerintah, karena salah satu karakter menyatakan bahwa tidak ada seorang pun di sana yang “akan bertanggung jawab atas kekacauan yang terjadi.”

Meskipun bukan merupakan kritik yang keras, karena mengabaikan beberapa aspek yang lebih meresahkan dalam sejarahnya, namun masih ada sedikit sinisme yang perlu dikunyah.

Ada elemen penebusan pribadi yang dipertaruhkan bagi Shikishima, sama seperti ada ancaman nyata yang menimpa mereka semua.

Dia pertama kali mulai bekerja sebagai kapal penyapu ranjau dengan kru eksentrik yang kemudian akan berhadapan dengan Godzilla.

Itu menjadi salah satu rangkaian yang paling bersahaja namun tetap menegangkan, karena mereka harus bertahan hidup di wadahnya yang agak berliku-liku yang bisa dengan mudah menjadi camilan enak untuk monster itu.

Ini hanyalah permulaan dari efek visual luar biasa yang tidak hanya mengesankan dalam hal tampilannya namun juga cara penerapannya.

Melihat Godzilla berenang mengejar perahu saja sudah menakjubkan sekaligus menyeramkan. Rasanya lebih seperti adegan dari Jaws daripada film monster raksasa.

Namun, hal ini menjadikannya lebih efektif karena menjadi lebih luas dengan semua hal berikutnya.

"Godzilla Minus One" Terlihat dan Terasa Seperti Film Monster

Meskipun Godzilla Minus One tidak takut untuk menunjukkan Godzilla dengan segala kemegahannya, Godzilla juga tidak langsung tampil habis-habisan dan malah dengan sabar membangun ancaman yang ia wakili.

Momen di mana mereka berpikir mereka telah mengalahkan makhluk itu, hanya untuk melihat seberapa cepat ia beregenerasi, dengan sempurna dimainkan sebagai momen yang membuat perut mual.

Ini adalah jenis film yang cenderung menyenangkan penonton, sering kali dengan cara yang meremehkan momen emosionalnya, namun karya di baliknya tetap luar biasa.

Godzilla Minus One adalah film yang menampilkan seni dalam karya seniman VFX yang sering diremehkan. Mereka adalah kunci dari film ini.

Setiap adegan dengan Godzilla, meskipun sering kali hemat, seperti keluhan umum dari seri yang kemungkinan besar akan muncul dengan yang satu ini, memberikan pukulan keras bagi mereka yang cukup sabar untuk mereka.

Anda merasakan setiap langkah gemuruh yang menghantam tanah saat dia berjalan melewati kota yang padat yang dilanda kekaguman yang menakutkan saat dia mulai membangun kekuatan ledakannya.

Film ini tidak cukup kuat tanpa dia, merasa sedikit tersesat di tengah-tengah dan di beberapa elemen akhir, meskipun monster di intinya sudah cukup menjadi daya tarik utama untuk mengatasi kekurangan tersebut.

Ketika semuanya berakhir dan pintu berpotensi dibiarkan terbuka untuk lebih banyak lagi, Godzilla Minus One lebih dari sekadar mengukir tempatnya di antara entri terbaik dari seri yang sudah berjalan lama ini.

Apa pun yang terjadi selanjutnya bagi inkarnasi unik yang menyegarkan dari makhluk ini dan rasa laparnya yang tak terpuaskan akan kehancuran, kita bisa bersyukur bahwa raksasa cantik ini bangkit sekali lagi.

Peringkat: B+

Godzilla Minus One tayang di bioskop Amerika mulai 1 Desember 2023.

Simak trailer Godzilla Minus One di bawah ini:

(*)

 

KEYWORD :

Seputar Film Godzilla Minus One monster Jepang perang nuklir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :