Minggu, 19/05/2024 18:23 WIB

Sekjen PBB Sebut Perpanjangan Gencatan Senjata di Gaza Tidak Cukup Penuhi Kebutuhan Bantuan

Sekjen PBB Sebut Perpanjangan Gencatan Senjata di Gaza Tidak Cukup Penuhi Kebutuhan Bantuan

Sekjen PBB Antonio Guterres (Foto: Financial Tribune)

PBB - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres menggambarkan perpanjangan gencatan senjata antara Israel dan militan Palestina Hamas pada Senin, 27 November 2023 sebagai "secercah harapan dan kemanusiaan," namun memperingatkan bahwa hal itu tidak cukup waktu untuk memenuhi kebutuhan bantuan. dari Jalur Gaza.

Mediator Qatar mengatakan pada hari Senin bahwa gencatan senjata awal selama empat hari telah diperpanjang dua hari, melanjutkan jeda dalam peperangan selama tujuh minggu yang telah menewaskan ribuan orang dan menghancurkan wilayah kantong Palestina.

“Saya sangat berharap bahwa hal ini akan memungkinkan kita untuk meningkatkan lebih banyak lagi bantuan kemanusiaan kepada masyarakat di Gaza yang sangat menderita – mengetahui bahwa bahkan dengan jumlah waktu tambahan, tidak mungkin untuk memenuhi semua kebutuhan dramatis warga Gaza. populasi,” kata Guterres kepada wartawan.

PBB telah mengirimkan sejumlah bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui perbatasan Rafah dari Mesir. PBB juga ingin dapat menggunakan penyeberangan perbatasan Kerem Shalom, yang dikendalikan oleh Israel.

“Saya sangat berharap bisa dilakukan penyeberangan lain karena akan memudahkan pendistribusian dan juga memudahkan pengendalian oleh pihak Israel. Jadi saya sangat berharap hal ini bisa terjadi,” kata Guterres.

Sebelumnya pada hari Senin, juru bicara Guterres Stephane Dujarric mengatakan negosiasi harus dilanjutkan dengan tujuan mengubah gencatan senjata sementara di Gaza menjadi gencatan senjata kemanusiaan penuh.

“Perserikatan Bangsa-Bangsa akan terus mendukung upaya ini dengan segala cara,” kata Dujarric dalam sebuah pernyataan.

Guterres kembali menyerukan agar para sandera yang ditahan oleh Hamas segera dibebaskan tanpa syarat, kata Dujarric.

PBB telah meningkatkan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza selama empat hari terakhir selama gencatan senjata dan mengirimkan bantuan ke beberapa wilayah utara yang sebagian besar telah terputus selama berminggu-minggu, kata Dujarric.

“Tetapi bantuan ini tidak memenuhi kebutuhan besar 1,7 juta pengungsi. Bencana kemanusiaan di Gaza semakin buruk dari hari ke hari,” katanya.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Gencatan Senjata




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :