Jum'at, 17/05/2024 10:31 WIB

Kapal Israel di Laut Merah Jadi Target Kelompok Houthi Yaman

Kapal Israel di Laut Merah Jadi Target Kelompok Houthi Yaman

Tentara Israel dalam aksi militer dalam tangkapan layar yang diperoleh dari video selebaran yang dirilis pada 6 November 2023. Handout via Reuters

ADEN - Pemimpin Houthi Yaman mengatakan pada Selasa bahwa pasukannya akan melakukan serangan lebih lanjut terhadap Israel dan mereka dapat menargetkan kapal-kapal Israel di Laut Merah dan Selat Bab al-Mandeb.

Kelompok yang bersekutu dengan Iran melancarkan beberapa serangan rudal dan drone terhadap Israel bulan ini, menyoroti risiko perang antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas yang menyebar ke Timur Tengah yang lebih luas.

Kelompok Houthi, yang berperang melawan koalisi pimpinan Saudi sejak tahun 2015, telah muncul sebagai kekuatan militer besar di Semenanjung Arab, dengan puluhan ribu pejuang dan persenjataan besar berupa rudal balistik dan drone bersenjata.

Kelompok ini menguasai Yaman utara dan pesisir Laut Merah.

“Mata kami terbuka untuk terus memantau dan mencari kapal Israel di Laut Merah, terutama di Bab al-Mandab, dan dekat perairan regional Yaman,” kata Abdulmalik al-Houthi dalam pidato yang disiarkan.

Washington semakin waspada terhadap aktivitas kelompok-kelompok yang didukung Iran sejak pejuang Hamas mengamuk di Israel pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang.

Sejak itu, Israel telah meningkatkan serangannya ke Gaza, di mana pasukannya telah menewaskan lebih dari 11.000 orang, menurut para pejabat Palestina.

Perang Yaman telah menemui jalan buntu karena sebagian besar pertempuran telah berhenti, namun kedua belah pihak gagal memperbarui gencatan senjata yang ditengahi PBB yang berakhir pada bulan Oktober.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Houthi Yaman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :