Senin, 29/04/2024 20:38 WIB

INTERNASIONAL

Wartawan Bikin Kelabakan Jubir Gedung Putih

Juru bicara Gedung Putih, Sean Spicer meminta maaf secara langsung ke media sosial lantaran mengatakan Adolf Hitler tidak menggunakan senjata kimia pada perang II, Selasa (11/4)

Juru bicara Gedung Putih, Sean Spicer

Washington - Juru bicara Gedung Putih, Sean Spicer meminta maaf secara langsung ke media sosial lantaran mengatakan Adolf Hitler tidak menggunakan senjata kimia pada perang II, Selasa (11/4)  

Pernyataan itu terlontar dalam konferensi berita harian terkait serangan April 4 senjata kimia di Suriah yang menewaskan 87 orang. Washington dalam hal ini, Donald Trump mengecam serangan gas surin yang dinilain didalangi oleh pemerintah Presiden Suriah, Bashar al-Assad.

"Apakah Anda tidak melihat ada orang di dunia ini yang lebih kejam dari Hitler? Namun sekejam-kejamnya Hitler, ia bahkan tak menghinakan dirinya menggunakan senjata kimia," kata Spicer ketika ditanya tentang aliansi Rusia dengan pemerintah Suriah, dilansir Reuters, Rabu (12/4)

Para wartawan yang menghadiri konfrensi pers itu sedikit resah dengan pernyataan-pernyatan Sean Spicer dan meminta segera mengklarifikasi komentarnya; "Saya pikir Gas Sarin tidak ada, Hitler tidak menggunakan gas pada rakyatnya sendiri, seperti cara  Assad lakukan," katanya

Pada Selasa (11/4) dini hari, Spicer meminta maaf dan mengatakan ia seharusnya tidak membuat perbandingan itu.

"Ini adalah sebuah kesalahan. Saya seharusnya tidak melakukan itu, dan saya tidak akan melakukannya lagi. Pernytaa itu tidak pantas dan tak peka," kata Spicer kepad CNN dilansir Reuters  

Penegasan Spicer, yang dilakukan selama liburan Paskah Yahudi, membuat netizen geram. Beberapa netizen mengatakan Holocaust adalah ril kejahatan Hitler dimana  jutaan orang Yahudi dibunuh di kamar gas.

"Saya hanya berusaha membuat perbedaan dengan taktik menggunakan pesawat untuk menjatuhkan senjata kimia ke pusat-pusat pemukiman. Setiap serangan terhadap orang tak bersalah merupakan tindakan tercela dan tidak dapat dibenarkan," katanya

Bagi negara-negara Barat, Holocaust merupakan peristiwa mengharukan dan akan tetap abadi dalam catan sejarah. Holocaust adalah tragedi pembataian sekitar 6 juta warga Yahudi di Eropa oleh Nazi Jerman yang di bawahi Hitler dan sekutu-sekutunya.

Direktur eksekutif dari Anne Frank Pusat Saling Menghormati, Steven Goldstein mengtakan Sean Spicer sekarang tidak memiliki integritas  sebagai sekretaris pers Gedung Putih. Ia menuntuk agar Presiden, Trump memecatanya segera," katanya 

 

KEYWORD :

Suriah Hitler Nazi Surin Sean Spicer




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :