Minggu, 05/05/2024 04:15 WIB

God of Mischief Loki Bakal Jadi Karakter Terkuat di Jagat MCU?

God of Mischief Loki Bakal Jadi Karakter Terkuat di Jagat MCU?

God of Mischief Loki Bakal Jadi Karakter Terkuat di Jagat MCU? (FOTO: DISNEY+)

JAKARTA - Episode kedua dari belakang Loki Musim 2 baru saja memperkenalkan pesaing baru untuk karakter terkuat di MCU. God of Mischief (Dewa Kenakalan) alias Loki bakal menjadi karakter terkuat di jagat MCU?

Seperti yang sudah diketahui oleh para penggemar Marvel, Loki selain menjadi salah satu hal terbaik yang dimiliki Marvel Cinematic Universe saat ini, juga secara konsisten menambahkan informasi baru dan penting ke dalam Multiverse Saga yang sedang berlangsung.

Misalnya, Musim 1 dari serial terkenal ini menjadi pengantar saga besar kedua, Kang the Conqueror (Jonathan Majors), dengan menampilkan sosok He Who Remains yang sulit dipahami.

Loki secara konsisten terbukti menjadi tontonan penting bagi penggemar Marvel, berpotensi menawarkan pertaruhan multiverse di setiap episodenya.

Kita melihat hal itu terbukti lagi di awal musim ini ketika Loki (Tom Hiddleston) dan rekan-rekannya gagal menghentikan ledakan Temporal Loom, yang berpotensi menyebabkan kehancuran seluruh multiverse.

Proses itu dimulai di Episode 5, tetapi sebelumnya mengirim Mobius (Owen Wilson), Sylvie (Sofia Di Martino), Hunter B-15 (Wunmi Mosaku), Casey (Eugene Cordero), dan OB (Ke Huy Quan) kembali ke tempat mereka berada di Sacred Timeline sebelum direkrut ke dalam TVA.

Di tengah semua ini, Loki sekali lagi tergelincir dalam waktu, namun alih-alih berjalan bolak-balik sepanjang waktu dalam TVA, dia malah terpental ke seluruh multiverse yang merupakan Timeline Bercabang.

Seiring berjalannya waktu secara perlahan, satu-satunya cara bagi Loki untuk membalikkan keteruraian multiverse adalah dengan mengendalikan waktu yang tergelincir dan kembali ke masa lalu.

Loki berhasil mencapai tujuan ini, dan kendali barunya atas pergeseran waktu dapat mengubah Dewa Kenakalan menjadi Dewa Waktu.

Loki Keluar Masuk Waktu di Awal `Loki` Musim 2

Loki Laufeyson masuk dan keluar dari waktu adalah salah satu hal pertama yang kita lihat di Loki Musim 2.

Penyebabnya tidak diketahui secara eksplisit, bahkan menurut OB pun tidak mungkin terjadi, tapi kemungkinan besar ini merupakan efek samping yang tidak terduga dari Sylvie yang memangkas Loki dan mengirimnya kembali ke TVA — hanya saja ini bukan TVA yang sama persis yang diketahui Loki, karena rekannya di Mobius dan Hunter-B15 sepertinya tidak mengenalinya.

Saat Loki melihat sekeliling, dia juga melihat bahwa ini adalah TVA yang menjawab langsung He Who Remains yang baru saja dibunuh.

Episode pertama Loki Musim 2 memecahkan misteri ini melalui pengenalan time-sliping.

Bertentangan dengan keinginannya, Loki muncul bolak-balik seiring berjalannya waktu. TVA yang awalnya dia ikuti adalah TVA dari masa lalu, menjelaskan bagaimana tidak ada rekan kerja Loki yang mengenalinya.

Dengan bantuan OB, Loki akhirnya mampu menyembuhkan penyakitnya sendiri dengan memodifikasi Temporal Loom. Namun, sesuai dengan tema Loki Musim 2 yang sedang berjalan, ini hanyalah solusi sementara untuk masalah permanen.

Bencana melanda Loki dan rekan-rekannya di Episode 4 ketika Temporal Loom akhirnya meledak, dengan harapan terakhir Victor Timely (Mayor) hancur hampir seketika.

Hal yang bisa dilakukan Loki dan bangsawan TVA lainnya hanyalah menonton tanpa daya saat keseluruhan struktur realitas runtuh di sekitar mereka.

Untuk sekali dalam seluruh karir MCU Loki, dia tidak bisa berkata-kata. Namun, dia akan segera mengetahuinya, ini bukanlah akhir... belum.

Loki Sekali Lagi Waktu Melesat di `Loki` Musim 2, Episode 5

Dengan hancurnya Temporal Loom, Loki mungkin diperkirakan akan hancur seperti yang dilakukan Victor Timely. Namun, Loki malah mendapati dirinya sendirian di TVA, karena semua penghuninya telah menghilang seluruhnya.

Jika itu belum cukup buruk, peristiwa temporal telah menyebabkan Loki mulai tergelincir sekali lagi. Namun kali ini, Loki tidak hanya muncul dan keluar dari TVA dalam periode yang berbeda, tetapi juga di berbagai tempat di multiverse.

Secara kebetulan, Loki kebetulan sedang menyelinap ke tempat di mana rekan-rekannya menjalani kehidupan yang sangat berbeda.

Untuk pertama kalinya dalam serial ini, kita akhirnya bisa melihat siapa saja individu-individu ini sebelum mereka menjadi agen TVA yang dicuci otak, termasuk Mobius, yang biasa menjual jet ski (secara resmi menjelaskan mengapa dia menyukai "persatuan indah antara bentuk dan fungsi" banyak).

Loki mengumpulkan seluruh anggota band kembali untuk melihat apa yang bisa mereka lakukan untuk memperbaiki TVA, tapi pencarian ini terbukti sia-sia, karena multiverse terus terurai di sekitar mereka.

Menyaksikan teman-temannya hancur di depan matanya hampir menjadi hal yang sangat berat bagi Loki, dan ketika sepertinya semuanya sudah berakhir, waktu kesedihan Loki membawanya kembali ke masa beberapa menit.

Kecintaannya pada teman-temannya adalah rahasia untuk mengendalikan waktu yang tergelincir, dan dia sekarang dapat keluar masuk waktu dan ruang atas kemauannya sendiri.

Dengan kekuatan baru yang luar biasa ini, Loki dapat kembali ke momen ketika Temporal Loom meledak, dan bahkan sebelum penonton dapat memahami apa yang baru saja terjadi, episode tersebut berubah menjadi hitam.

Loki Dapat Melakukan Apa Saja Secara Praktis dengan Kekuatannya yang Menyelipkan Waktu

Sejak Loki dimulai, dengan diperkenalkannya Time Variance Authority, kemungkinan kemana seri ini akan berlanjut sudah tidak terbatas.

Dengan memberi Loki kemampuan untuk pergi ke mana pun dan kapan pun dalam waktu, ia secara efektif telah menjadi generasi dewa baru, yang memiliki kemampuan untuk menciptakan dan menghancurkan seluruh garis waktu. Contoh yang bisa dilakukan Loki berkisar dari sekadar mempertahankan multiverse hingga mengubah peristiwa dalam alur cerita utama yang sudah ada di MCU.

Kemungkinannya adalah Loki baru mulai memahami kekuatan besar yang sekarang dimilikinya, dan mungkin itulah yang dimaksudkan oleh He Who Remains untuk Dewa Kenakalan ketika dia memintanya untuk mengambil alih TVA.

Kini berbekal kemampuan untuk melakukan perjalanan dan memanipulasi waktu itu sendiri, Loki berpotensi menjadi sama kuatnya dengan Watcher yang ada di mana-mana (Jeffrey Wright) atau ayah angkatnya Odin (Anthony Hopkins).

Kemampuan baru Loki yang dapat mengubah waktu mungkin menjadikannya satu-satunya orang yang mampu menghentikan kembalinya Kang dan variannya, namun kekuatan yang kini ia miliki juga dapat merusaknya dan mengubahnya menjadi penjahat yang lebih tangguh daripada sebelumnya.

Loki Musim 2 sedang streaming di Disney+. (*)

 

KEYWORD :

Seputar Film Loki Musim 2 Tom Hiddleston MCU




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :