Kamis, 25/04/2024 21:57 WIB

10 April Tahap Pertama Pelunasan Biaya Haji

Pelunasan tersebut kata Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) Lukman Hakim Saifuddin dapat dilakukan di 17 bank penerima setoran.

Ilustrasi Calon Jamaah Haji (foto: Antara)

Jakarta – Biaya haji 2017 sudah bisa dilunasi oleh para calon jamaah haji Indonesia yang tercatat berangkat tahun ini pada 10 April mendatang. Pelunasan tersebut kata Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) Lukman Hakim Saifuddin dapat dilakukan di 17 bank penerima setoran.

“10 April sampai 5 Mei itu pelunasan tahap pertama, dan tahap kedua pada 22 Mei sampai 2 Juli. Mudah-mudahan dengan dua tahap pelunasan itu seluruh kuota jamaah kita terpenuhi,” kata Menag Lukman di Jakarta, Jumat (7/4).

Menag Lukman memaparkan tahun ini jumlah jamaah haji Indonesia mencapai 221.000 orang. Dengan pembagian, 204.000 jamaah haji dari jalur reguler, dan 17.000 dari kuota haji khusus. Jumlah tersebut mengalami kenaikan 52.200 dari kuota 2016 sebanyak 168.800.

Adapun terkait biaya haji, tahun ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya sebesar Rp249 ribu. Kenaikan berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) No.8 Tahun 2017 tersebut menurut Menteri Lukman semata-mata akan berdampak langsung terhadap servis yang lebih baik kepada jamaah haji selama di tanah suci.

“Tahun ini akan ditambah jumlah makan untuk jamaah haji selama 12 hari di Mekkah. Jika sebelumnya hanya 24 kali. Sekarang menjadi 25 kali. Lalu, sarapan pagi yang tahun-tahun sebelumnya tidak ada, kali ini akan kami berikan,” ujar Menag.

Selain peningkatan dari aspek konsumsi, Menag juga mengatakan bahwa jamaah haji tahun ini akan memperoleh pelayanan transportasi selama berada di Madinah. “Pelayanan lain yang baru diberikan tahun ini adalah pengadaan sarana transportasi dari Madinah menuju hotel-hotel mereka. Begitu juga sebaliknya dari hotel menuju Bandara Madinah,” tambah Lukman.

Fasilitas tenda-tenda di Arofah selama prosesi wukuf, menurut Lukman, tahun ini jauh lebih baik dari sebelumnya. Pemerintah akan melengkapi kamp-kamp jamaah haji dengan alat penyejuk udara dan penerangan demi meningkatkan kenyamanan dalam beribadah.

KEYWORD :

Kementerian Agama Lukman Hakim Haji 2017




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :