Jum'at, 17/05/2024 13:16 WIB

Cara Mencukur Bulu Ketiak yang Benar

Karena ketiak adalah area yang sensitif, sehingga harus berhati-hati saat mencukur bulu ketiak. 

Tips mencukur ketiak dengan benar ( Foto : Wolipop )

Jakarta, Jurnas.com - Ketiak merupakan bagian yang tertutup oleh baju dan ditumbuhi oleh bulu halus. Namun, jika tidak rajin mencukur bulu ketiak, maka ketiak akan mudah bau dan ditumbuhi banyak bakteri. 

Maka, tak ada salahnya mencukur bulu ketiak dan merawat area ketiak secara rutin.

Hal ini dilakukan agar tidak menyebabkan iritasi, berdarah dan kulit ketiak menggelap.

Berikut cara mencukur bulu ketiak yang benar :

Shaving cream

Pastikan kamu mengoleskan shaving cream atau krim pencukur sebelum kamu mulai mencukur bulu ketiak kamu. Ini sebagai pelembab yang dapat melembutkan kulit.

Apabila tidak punya krim pencukur khusus, bisa menggunakan gel lidah buaya atau kondisioner rambut.

Pilih alat cukur yang tepat

Pastikan juga kamu tidak menggunakan pisau cukur yang sama berkali-kali.

Ingat, pisau cukur dengan kualitas buruk berpotensi membuat kulit ketiak menggelap karena proses pencukuran yang tidak sempurna.

Mencukur dimalam hari

Ini karena saat malam hari, kulit melakukan proses regenerasi dan pemulihan sehingga kamu akan terhindar dari masalah iritasi kulit setelah pencukuran.

Sebaliknya, jika mencukur bulu ketiak pada pagi atau siang hari, kulit ketiak kamu akan berkeringat sehingga dapat menyebabkan iritasi pada kulit ketiak.

Hindari pisau cukur berlapis

Bercukur menggunakan pisau cukur berlapis dapat mengiritasi kulit ketiak. Selain itu, bulu ketiak akan tumbuh lebih cepat karena pisau cukur berlapis akan mencukur bulu dekat dengan kulit.

Pakai pelembab setelah mencukur

Kulit ketiak akan semakin kering setelah bercukur. Makanya, sangat penting untuk memakai pelembab setelah bercukur agar tetap lembab dan terhindar dari masalah kulit yang tidak diinginkan.

Gunakan minyak alami

Disarankan untuk oleskan minyak alami seperti minyak argan atau minyak zaitun, sebagai pelembap untuk melindungi area ketiak. Minyak alami ini dioleskan 5 jam atau semalaman sebelum mencukur ketiak.

Cukur arah berlawanan

Pastikan mencukur bulu dengan arah yang berlawanan dengan pertumbuhan bulu. Hal ini bisa menyebabkan ketiak lebih halus dan bersih.

Cukur saat mandi

Mencukur bulu ketiak bisa dilakukan saat mandi. Nyalakan shower dan gunakan air yang dingin, maka mencukur bulu ketiak akan lebih mudah dan cepat bersih.

Jangan lupa, setelah mencukur bulu ketiak, perlu menggunakan deodoran pencerah yang aman agar terhindar dari masalah ketiak hitam. 

KEYWORD :

Bulu ketiak cara mencukur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :