Jum'at, 17/05/2024 02:07 WIB

Anggota DPR Masinton Pasaribu Gandeng BI Gelar Sosialisasi dan Edukasi QRIS

Hidup lebih mudah dengan QRIS. QRIS cepat, mudah, dan aman. QRIS memudahkan masyarakat melakukan transaksi pembayaran.

Anggota Komisi XI DPR RI Masinton Pasaribu menggelar sosialisasi dan edukasi terkait layanan Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS kepada masyarakat, Selasa (3/10). (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi XI DPR RI Masinton Pasaribu menggelar sosialisasi dan edukasi terkait layanan Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS kepada masyarakat, Selasa (3/10).

Dalam kegiatan sosialisasi dan edukasi ini, Politikus PDIP ini menggandeng Bank Indonesia (BI) untuk ikut memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait layanan pembayaran yang sudah diluncurkan sejak 17 Agustus 2019 tersebut.

Masinton menjelaskan, kehadiran QRIS semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran. QRIS merupakan layanan transaksi yang cepat dan aman.

"Hidup lebih mudah dengan QRIS. QRIS cepat, mudah, dan aman. QRIS memudahkan masyarakat melakukan transaksi pembayaran," kata Masinton dalam acara yang di gelar di salah satu Hotel kawasan Jakarta Pusat itu.

Sementara itu, Kepala Divisi Perizinan dan Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran BI Provinsi DKI Jakarta Hery Afrianto mengatakan bahwa QRIS memiliki manfaat yang bisa dinikmati oleh pedagang ataupun konsumen.

Bagi pedagang, menurutnya, kehadiran QRIS memudahkan untuk mencatat setiap transaksi yang masuk. Selain itu, QRIS juga membuat para pedagang tak perlu untuk pergi ke bank untuk sekadar menyotorkan uang yang diperoleh dari usahanya.

"Memudahkan ibu-ibu mencatatkan transaksinya sehari-hari. Kalau biasanya masukin ke laci atau dompet lupa, dengan QRIS kita sederhanakan sehingga di akhir hari bisa memeriksa pendapatan dan mengatur modal untuk keesokan harinya," ujarnya.

Kepada konsumen, lanjut Hery, QRIS membuat masyarakat tidak perlu membawa dompet ketika ingin berbelanja.

"Terus buat ibu-ibu konsumen, sekarang enggak usah simpan banyak uang di dompet. Sekarang tinggal bawa handphone, tidak usah cari uang lagi mau belanja," tuturnya.

Direktur Lembaga Sindikasi Muda Indonesia Adlin Pandjaitan mengapresiasi langkah pemerintah yang terus berinovasi dalam menghadirkan sistem atau layanan pembayaran yang cepat, mudah, dan aman bagi masyarakat.

Ia menilai, kehadiran QRIS dapat mencegah peredaran uang palsu di tengah masyarakat. Selain itu, menurutnya, QRIS juga membantu pertumbuhan ekonomi negara.

"Aman juga, bisa kurangi potensi kembalian uang palsu," ucapnya.

"QRIS turut membantu pertumbuhan ekonomi, krn transaksi jadi tidak terhambat," tambah Adlin.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi XI PDIP Masinton Pasaribu sosialisasi BI QRIS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :