Jum'at, 17/05/2024 02:40 WIB

Cara Efektif untuk Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Kebanyakan wanita mencoba cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan berbagai upaya, seperti berolahraga atau menjaga asupan makanan.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan ( Foto : Prenagen )

Jakarat, Jurnas.com - Biasanya setelah wanita melahirkan akan mengalami penurunan berat badan sekitar 5 kilogram. Namun, penurunan berat badan ini tidak dapat mengecilkan dan mengencangkan perut secara instan.

Dibutuhkan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk menyingkirkan perut buncit setelah melahirkan.

Umumnya oerut buncit saat hamil disebabkan oleh meregangnya otot perut dan jaringan ikat di sekitarnya. Hal ini terjadi secara alami untuk memberikan ruang bagi bayi.

Ada beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang dapat dicoba. Berikut adalah penjelasannya:

Menyusui

Hal ini karena menyusui dapat membantu membakar 300 kalori per harinya, sehingga lebih cepat menurunkan berat badan dibandingkan ibu yang memberikan susu formulai kepada buah hati.

Selain itu, menyusui juga memicu kontraksi yang membantu Bunda mengecilkan rahim.

Olahraga teratur

Anda dapat mencoba berbagai olahraga ringan, seperti berjalan kaki, senam aerobik, yoga, peregangan, berenang, atau senam kegel.

Namun, sebaiknya menunggu hingga enam minggu setelah melahirkan jika ingin mulai berolahraga. Tidak lupa juga untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter guna menentukan durasi dan jenis olahraga yang sesuai.

Jaga asupan makanan

Direkomendasikan untuk membutuhkan 1.800–2.200 kalori per hari, yang bisa diperoleh dari konsumsi protein, karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran, lemak tak jenuh, biji-bijian, dan makanan tinggi serat.

Selain itu, makanlah dengan porsi yang lebih kecil dan hindari konsumsi makanan cepat saji. Jangan lakukan diet ekstrim.

Pasalnya, diet ekstrem membuat Anda tidak mendapat asupan gizi yang cukup, sehingga Si Kecil juga tidak mendapatkan nutrisi terbaik dari ASI Bunda.

Menggendong si kecil

Menurut ahli, ini setara dengan membawa beban seberat 3,6–5,4 kilogram. Jika ditambah dengan suqad, menggendong Si Kecil dapat membantu guna membentuk otot tubuh bagian bawah dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Minum air mineral

Dianjurkan untuk minum setidaknya 8 gelas air per hari, untuk membuang racun tubuh dan mencukupi kebutuhan cairan. 

Probiotik

Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi probiotik selama 6 minggu dapat mengurangi lemak perut sebanyak 3–4%.

Probiotik dikenal sebagai bakteri baik yang mampu meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan.

 

Dari cara diatas, sebelum mengecilkan perut ataupun menurunkan berat badan setelah melahirkan, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar mendapatkan saran yang tepat dan upaya yang dilakukan lebih efektif.

KEYWORD :

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :